Macam-Macam Pola Perubahan Wujud Benda (Zat)

Berikut ini yakni pembahasan wacana perubahan wujud zat, perubahan wujud benda, pengertian menguap, pengertian menyublim, pengertian membeku, pengertian mencair, pengertian mengembun, pengertian mengkristal, macam macam perubahan wujud benda, macam macam perubahan wujud zat, pola perubahan wujud zat, pola perubahan wujud benda.

Macam-macam Perubahan Wujud Benda

Pernahkah kau membeli es krim? Jika kau membeli es krim, lalu es krim tersebut kau biarkan beberapa ketika di daerah yang terbuka, maka es krim tersebut lamakelamaan akan mencair. Mengapa es krim sanggup mencair?

Hal ini disebabkan es krim mendapatkan kalor dari udara di sekitarnya sehingga es krim mengalami perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair. Peristiwa tersebut menandakan bahwa kalor yang diberikan pada suatu zat sanggup mengubah wujud zat tersebut.

Agar kau lebih memahami relasi antara kalor dan perubahan wujud zat, lakukanlah Kegiatan berikut.

Prosedur kerja:

  1. Masukkan es ke dalam gelas kimia, lalu panaskan dengan pembakar spiritus. Perhatikan gambar di bawah ini.
  2. Amati perubahan wujud pada es.
  3. Setelas es mencair, panaskan air hingga mendidih. Kemudian, dekatkan piring beling yang bening ke lisan gelas kimia. Perhatikan gambar di bawah ini.
  4. Amati perubahan wujud pada air.
Berikut ini yakni pembahasan wacana perubahan wujud zat Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Benda (Zat)

Berikut ini yakni pembahasan wacana perubahan wujud zat Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Benda (Zat)



Dari Kegiatan di atas kau telah memeriksa efek proteksi kalor pada es kerikil sehingga es kerikil mengalami perubahan wujud dari zat padat menjadi zat cair. Peristiwa ini dinamakan mencair.
Mencair adalah insiden perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair lantaran zat tersebut mendapatkan kalor.
Setelah menjadi air, lalu air tersebut diberi kalor, kau sanggup mengamati bahwa air juga mengalami perubahan wujud. Perubahan wujud yang dialami air ketika diberikan kalor yakni dari zat cair menjadi zat gas. Peristiwa ini dinamakan menguap.
Menguap adalah insiden perubahan wujud dari benda cair menjadi uap (gas) lantaran zat tersebut mendapatkan kalor.
Untuk memudahkan kau mengingat perubahan wujud zat, perhatikan diagram perubahan wujud zat di bawah ini. Anak panah yang bergaris tegas menyatakan bahwa dalam proses perubahan wujud, zat tersebut memerlukan kalor.
Berikut ini yakni pembahasan wacana perubahan wujud zat Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Benda (Zat)
Gambar: Diagram Perubahan Wujud Benda

Adapun anak panah yang bergaris putus-putus menyatakan bahwa dalam proses perubahan wujud, zat tersebut melepaskan kalor.
Menyublim adalah insiden perubahan wujud dari padat menjadi gas. Pada insiden menyublim, zat padat memerlukan kalor. 
Adapun mengkristal adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi padat. Pada insiden mengkristal, zat gas melepaskan kalor.
Ciri dari perubahan wujud yang memerlukan kalor yakni terjadinya kenaikan suhu. Sedangkan ciri dari perubahan wujud yang melepaskan kalor yakni terjadinya penurunan suhu.