Makalah (Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, Manfaat)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal Makalah yaitu mencakup Pengertian Makalah, Jenis-jenis Makalah, Ciri-ciri, Susunan / struktur Makalah, dan manfaat penulisan Makalah. Silakan disimak selengkapnya...


Pengertian / Definisi Makalah 

Pengertian Makalah adalah karya tulis yang memuat pedoman perihal suatu problem atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam lembaga ilmiah atau tugas-tugas terstruktur. Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, menurut fakta, sistematis, dan logis.Nah kesannya kita mengerti akan pengertian makalah.


 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel perihal  Makalah (Pengertian, Jenis, Ciri, Susunan, Manfaat)

Manfaat Makalah

Manfaat pembuatan / penulisan makalah antara lain :
1. Belajar memahami problem dan mencari solusinya
2. Menerapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk diimplentasikan di lapangan
3. Membuka pikiran untuk memahami permasalahan di lapangan 

Jenis-Jenis Makalah 

1. Jenis makalah deduktif

Makalah dedukatif  merupakan makalah yang tulisannya didasarkan pada kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan problem yang dibahas) 

2. Jenis makalah induktif


Makalah induktif merupakan makalah yang disusun menurut data empiris, diperoleh dari lapangan yang relevan dengan problem yang dibahas.

3. Jenis makalah campuran


Makalah adonan merupakan makalah yang penulisannya didasarkan pada kajian teoretis digabung data  empiris yang relevan dengan problem yang dibahas.

Karakteristik / Ciri-ciri Makalah

Suatu makalah mempunyai karakteristik sebagai berikut:
  1. Merupakan hasil kajian literatur  dan/atau laporan pelaksanaan suatu acara lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan suatu perkuliahan;
  2. Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa perihal permasalahan teoritik yang dikaji atau kemampuan mahasiswa dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang bekerjasama dengan perkuliahan;
  3. Menunjukkan kemampuan pemahaman terhadap isi dari banyak sekali sumber yang digunakan;
  4. Mendemonstrasikan kemampuan meramu banyak sekali sumber informasi dalam satu kesatuan sintesis  yang utuh. 

Sistematika Penulisan / Susunan Makalah

Secara umum, struktur makalah terdiri dari :

1. Cover / Bagian Sampul Makalah. 

Dalam pecahan ini, terdiri dari judul, logo kampus/universitas, data lengkap penulis, jurusan, fakultas, kota, dan tahun kapan makalah di buat.

2. Kata Pengantar

Biasanya diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT atau kepada Tuhan, citra sedikit mengenai makalah, ucapan terima kasih, dan terakhir biasanya terdapat cita-cita penulis ataupun usul sumbangsih saran dan kritik.

3. Daftar Isi

Yaitu berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halamannya.

4. BAB I Pendahuluan

Dalam makalah yang Anda buat, pecahan BAB I, pecahan perihal pendahuluan secara umum berisi perihal citra umum perihal makalah, nasalah yang akan di bahas, latar belakang kenapa Anda mengankat permasalahan tersebut. Adapun struktur pada BAB I ini mencakup :
  1. Latar Belakang. Memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus. 
  2. Rumusan Masalah, berisi rumusan apa yang Anda bahas dalam makalah Anda. 
  3. Maksud dan Tujuan, berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.
5. BAB II Pembahasan

Pada pecahan ini, Anda membahas secara tuntas permasalahan yang Anda angkat pada BAB I. Pada pecahan ini yaitu pecahan dari isi sebetulnya makalah Anda. Dalam pecahan pembahasan, Anda harus memaparkan fakta-fakta yang memperkuat goresan pena Anda. Harus berisi kajian tumpuan beberapa/banyak penulis yang mendukung gagasan yang Anda sampaikan. 

Pada pecahan ini pula, perkiraan langsung Anda diminimalkan. Artinya perkiraan yang Anda buat harus ada kajian literatur maupun tumpuan sebelumnya. Mengungkap fakta.

6. BAB III Penutup
Pada pecahan kedua dari terakhir ini, Anda menyebarkan semacam kesimpulan dari pembahasan yang Anda bahas pada BAB II. Ada pula yang menambahkan saran.

7. Daftar Pustaka
Berisi daftar tumpuan rujukan yang Anda ambil untuk  makalah Anda. Referensi rujukan sanggup berupa buku-buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan lain sebagainya. Terdapat kaidah atau hukum penulisan daftar pustaka yang Anda harus penuhi.

8. Lampiran
Ini tidak mutlak harus ada. Pada pecahan ini Anda melampirkan data-data pendukung makalah Anda. Bisa berupa foto-foto  kegiatan, dll.

Baca pula : Contoh Makalah Yang Baik dan Benar

Demikian artikel perihal Makalah yaitu mencakup Pengertian Makalah, Jenis-jenis Makalah, Ciri-ciri, Susunan / struktur Makalah, dan manfaat penulisan Makalah. Semoga bermanfaat...