Cina: Pola Negara Maju Di Wilayah Asia

Pembahasan  kali ini melanjutkan klarifikasi sebelumnya mengenai Negara maju di benua Asia, contoh-contoh Negara maju di dunia, 5 Negara maju di dunia, 10 negara maju di benua asia, Negara industri maju di Asia, Negara maju di wilayah Asia, contoh Negara di Asia

Cina


Cina merupakan salah satu negara berkembang yang mempunyai wilayah terluas dan jumlah penduduk terbesar di dunia. Luas wilayah Cina mencapai 9.596.961 km2.

Cina terletak di Benua Asia dengan letak georgrafis antara 18' LU– 54'BT dan 73'BT–135'BT. Saat ini Cina merupakan salah satu negara berkembang yang kini mulai menjadi salah satu negara industri baru.

a) Perekonomian

Kemajuan ekonomi Cina mulai terlihat semenjak negara yang semula tertutup tersebut membuka perekonomiannya dengan negara lain. Cina mulai membuka diri terhadap pihak abnormal yang akan melaksanakan investasi di Cina.

Hal ini terlihat dari meningkatnya pertolongan sektor industri terhadap perekonomian Cina. Sektor industri menyumbang 53,1% dari pendapatan nasional Cina.

Kegiatan industri berkembang di banyak sekali daerah, terutama di kawasan Beijing sampai Tianjiang, Shenyang, dan Nanjiang sampai Shanghai. Perkembangan industri di Cina didukung oleh ketersediaan kerikil bara sebagai materi bakar dan upah tenaga kerja yang murah.

Negara Tirai Bambu ini menghasilkan mesin bubut, alat-alat pertambangan, sparepart kendaraan bermotor, mesin, semen, dan pupuk. Cina juga berbagi industri perakitan elektronik, ibarat komputer dan telepon genggam.

Kegiatan pertanian dan pertambangan masih memegang tugas penting, yaitu menyumbang sebesar 14,4% dari pendapatan nasionalnya. Kegiatan pertanian dikembangkan di kawasan yang subur, ibarat lembah Sungai Huang Ho, Chang Jiang, dan Xianjiang. Hasil-hasil pertanian Cina antara lain padi, jagung, gandum, kedelai, kacang, sorgum, kapas, dan teh.

Cina juga kaya materi tambang. Jenis materi tambang yang dimiliki Cina antara lain minyak bumi, gas alam, bijih besi, aluminium, tembaga, tungstel, dan timbel.

b) Keadaan Penduduk

Cina merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Pada tahun 2006 jumlah penduduk Cina mencapai 1.313.973.713 jiwa. Coba kau bandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah 245.452.739 jiwa.

Untuk mengurangi tingkat pertumbuhan penduduk, pemerintah Cina menggalakkan jadwal keluarga berencana. Dengan banyak sekali upaya, pemerintah berhasil menekan pertumbuhan penduduk sampai mencapai 0,59% per tahun.

Cina mengalami beberapa duduk masalah kesehatan umum yang sedang meningkat. Masalah kesehatan yang bekerjasama dengan polusi udara dan air, wabah HIVAIDS, virus SARS, dan flu burung yang sedang meluas.
kali ini melanjutkan klarifikasi sebelumnya mengenai Negara maju di benua Asia Cina: Contoh Negara Maju di Wilayah Asia
Gambar Kepadatan Penduduk di Cina


c) Budaya Masyarakat

Penduduk Cina umumnya yakni ras Mongoloid dengan kulit kuning dan mata sipit. Mayoritas etnis Han menyusun hampir 93% populasi. Penduduk bangsa Han sendiri heterogen dan sanggup dianggap sebagai kumpulan banyak sekali etnik yang menerapkan budaya dan bahasa yang sama.

Bahasa yang dipakai secara luas di Cina yaitu bahasa Mandarin. Orang Cina populer mempunyai budaya yang tinggi. Mereka telah usang mengenal tulisan, kertas, dan kompas.

Orang Cina lah yang pertama kali mengenal mesiu sebagai materi peluru senjata api. Cina juga mempunyai ahli-ahli filsafat bijak ibarat Konfusius.

Masyarakat Cina populer sebagai pekerja keras dan ulet sehingga tingkat produktivitasnya tinggi. Mereka juga populer mahir dalam perdagangan.

d) Tingkat Pendidikan

Sebelum bangun sebagai RRC tahun 1949, sekitar 80% penduduk Cina yakni buta aksara atau setengah buta huruf. Jumlah murid di sekolahsekolah hanya tercatat 4,76%. Kini, pendidikan di Cina sudah mulai mengalami kemajuan.

Sistem pendidikan di Cina bukanlah sebuah sistem yang seimbang. Walaupun banyak sekolah di perkotaan yang sudah modern, sebagian besar sekolah sekolah di daratan Cina berada di perdesaan.

Umumnya sekolah di wilayah perdesaan itu mempunyai dana yang sedikit, pengajar dan peralatan yang tidak memadai.

e) Tingkat Teknologi

Sebagai negara berkembang, Cina mengalami perkembangan teknologi yang cukup pesat, meskipun belum sanggup menyamai teknologi negara-negara maju. Cina sudah mulai dibicarakan pengamat sebagai the next tech superpower.

Cina menawarkan perhatian besar pada perkembangan teknologi gosip (TI). Beberapa tahun lalu, banyak sekali peralatan teknologi komunikasi gosip masih berlabel ”Invented in the USA”, kini di pasaran Hong Kong banyak sekali perlengkapan jaringan mulai sudah berlabel ”Made in China”.

Selain itu, Cina juga mulai berbagi teknologi di bidang militer dengan menciptakan pesawat tempur, tank baja, dan banyak sekali persenjataan.