Pengertian Dan Komponen Alat Sistem Gerak Pada Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan wacana sistem gerak pada manusia, yang mencakup pengertian sistem gerak, macam macam sistem gerak, alat gerak pada manusia, sistem gerak pada insan kelas 8.

Tubuh makhluk hidup tersusun atas sel. Sel-sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama membentuk jaringan. Beberapa jaringan menyusun organ. Organ-organ saling berafiliasi membentuk sistem organ.

Di dalam badan insan terdapat banyak sekali sistem organ, antara lain sistem gerak, pencernaan, pernapasan, sistem peredaran darah, sistem ekskresi, dan sistem reproduksi. Penyakit atau kelainan pada sistem organ sanggup menimbulkan banyak sekali gangguan kesehatan.

Pengertian Sistem Gerak pada Manusia

Gerak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Tubuhmu akan bergerak apabila mendapatkan rangsangan dari luar. Misalnya jikalau tiba-tiba kakimu terkena benda panas. Apa yang kau lakukan?

Pasti segera menarik kaki menjauhi benda panas itu. Makara gerak merupakan suatu jawaban makhluk hidup terhadap rangsangan dari lingkungan.

Sistem gerak pada insan tersusun dari rangka, persendian dan otot. Rangka disebut alat gerak pasif sedangkan otot disebut alat gerak aktif. Dapat disebut demikian alasannya rangka hanya sanggup digerakkan oleh otot.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana sistem gerak pada insan Pengertian dan Komponen Alat Sistem Gerak pada Manusia
Skema: Sistem Gerak pada Manusia

Macam-macam komponen (Alat) sistem gerak pada manusia


1. Rangka

Rangka (skelet) merupakan rangkaian tulang yang mendukung dan melindungi organ badan yang lunak. Tulang satu dengan tulang yang lain dihubungkan oleh persendian (artikulasi). Sistem rangka yang terletak di dalam badan dan dilindungi oleh kulit dan otot disebut endoskeleton.

2. Hubungan Antartulang (Persendian/Artikulasi)

Persendian yaitu tempat perhubungan antara tulang-tulang penyusun rangka tubuh. Tulang hanya sanggup dibengkokkan atau diputar di tempat sendi saja alasannya tulang sendiri terlalu keras untuk dibengkokkan tanpa patah.

3. Otot Tubuh Manusia

Otot insan mencakup 40 – 50% dari berat tubuh. Otot bersifat elastis, sanggup diregangkan, sanggup dirangsang, dan berkontraksi. Tulang-tulang tidak sanggup bergerak tanpa adanya otot, sehingga otot sering disebut alat gerak aktif.

Demikian pembahasan wacana sistem gerak pada insan yang mencakup pengertian dan komponen alat pada sistem gerak manusia.