Pengertian Dan Fungsi Serta Cara Kerja Relay Listrik Beserta Gambarnya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pengertian relay, fungsi relay, cara kerja relay, prinsip kerja relay, relay lampu mobil, kegunaan relay, relay lampu motor, cara kerja relay 5 kaki, pengertian thermal overload relay, cara kerja relay 4 kaki, relay listrik, pengertian frame relay, sistem kerja relay, cara kerja relai magnetik, cara kerja relay 12 volt, fungsi relay pada motor, relay proteksi, relay klakson, cara kerja relay listrik, cara kerja kontaktor, relay klakson motor.

Prinsip Elektromagnet dalam Relai

Relai adalah alat elektro yang sanggup menghubungkan atau tetapkan arus listrik yang besar dengan memanfaatkan arus listrik yang kecil. Relai merupakan saklar yang bekerja dengan memakai prinsip elektromagnet.
Pernahkah kau melihat sebuah relai? Perhatikan bentuk relai dan sketsa relai pada Gambar di bawah ini.
Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pengertian relay Pengertian dan Fungsi serta Cara Kerja Relay Listrik beserta Gambarnya Lengkap
Gambar: (a) Relay dan (b) Skema Relay

Cara Kerja Relay

Bagaimana relai memanfaatkan prinsip elektromagnetik sehingga relai sanggup berfungsi sebagai saklar? Ketika ada arus lemah yang mengalir melalui kumparan, inti besi lunak akan menjadi magnet.

Setelah menjadi magnet, inti besi tersebut menarik jangkar besi lunak sehingga kontak saklar akan terhubung dan arus listrik berpengaruh sanggup mengalir. Kontak saklar akan terputus kalau arus lemah yang masuk melalui kumparan diputuskan.

Pada relai terdapat dua buah rangkaian yang terpisah. 

Rangkaian pertama ialah rangkaian yang menghubungkan arus lemah dengan elektromagnet pada relai.
Berikut ini merupakan pembahasan ihwal pengertian relay Pengertian dan Fungsi serta Cara Kerja Relay Listrik beserta Gambarnya Lengkap
Gambar: Rangkaian pada Relay

Rangkaian kedua ialah rangkaian yang memanfaatkan kontak saklar pada relai untuk tetapkan atau menghubungkan arus listrik berpengaruh yang terhubung dengan alat listrik lainnya, ibarat motor listrik atau lampu.