Pengertian Dan Pola Batuan Malihan (Metamorf) Serta Macam-Macam Jenis Batuan Metamorf

Berikut ini ialah pembahasan dan klarifikasi lengkap perihal pengertian batuan malihan, pengertian batuan metaforf, rujukan batuan malihan, rujukan batuan metamorf, macam macam batuan malihan, macam macam batuan metamorf, jenis jenis batuan malihan, jenis jenis batuan metamorf.

Secara garis besar batuan di permukaan bumi (kerak bumi) sanggup dibedakan menjadi tiga menurut proses pembentukannya, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan.

Pengertian Batuan Malihan (Metamorfosis)

Batuan malihan ialah batuan yang terbentuk dari batuan beku atau batuan sedimen yang telah berubah wujud. Karena itu, batuan malihan disebut juga batuan metamorfosis.

Macam-macam Jenis Batuan Malihan (Metamorf)

Batuan malihan sanggup dibagi menurut proses pembentukannya, yaitu sebagai berikut.

1) Batuan malihan kontak

Batuan malihan kontak yaitu terbentuk alasannya ialah adanya pemanasan atau peningkatan suhu dan perubahan kimia alasannya ialah intrusi magma. 
Contohnya, watu marmer yang berasal dari watu kapur.

2) Batuan malihan dinamo

Batuan malihan dinamo yaitu terbentuk alasannya ialah adanya tekanan yang besar disertai pemanasan dan tumbukan. Tekanan sanggup berasal dari lapisan-lapisan yang berada di atas watu dalam jangka waktu lama. 
Contohnya batu sabak yang berasal dari tanah liat. Contoh lainnya batubara yang berasal dari sisa-sisa jasad binatang dan tumbuhan di tempat rawa-rawa (tanah gambut).
Berikut ini ialah pembahasan dan klarifikasi lengkap perihal pengertian batuan malihan Pengertian dan Contoh Batuan Malihan (Metamorf) serta Macam-macam Jenis Batuan Metamorf
Gambar: Contoh Batu Permata dari Topaz, Safir sampai Zamrud

3) Batuan malihan thermal-pneumatolik

Batuan Malihan thermal-pneumatolik yaitu terbentuk alasannya ialah adanya zat-zat tertentu yang memasuki batuan yang sedang mengalami metamorfosis. 
Contohnya, watu zamrud, permata, dan topaz.

Demikian pembahasan lengkap perihal batuan malihan, yang berisi rujukan dari masing-masing macam jenis batuan malihat.