Pengertian Destilasi Dan Proses Destilasi Bertingkat Minyak Bumi Menjadi Materi Bakar

Berikut ini ialah pembahasan wacana destilasi yang mencakup pengertian destilasi, destilasi minyak bumi, proses destilasi minyak bumi, destilasi bertingkat, proses pengolahan minyak bumi, fraksi minyak bumi, proses pembentukan minyak bumi, cara pengolahan minyak bumi, proses pengolahan minyak bumi menjadi materi bakar, destilasi bertingkat minyak bumi.

Pengertian Destilasi

Apakah yang dimaksud dengan destilasi?
Destilasi adalah cara pemisahan zat cair dari campurannya menurut perbedaan titik didih atau menurut kemapuan zat untuk menguap. Dimana zat cair dipanaskan sampai titik didihnya, serta mengalirkan uap ke dalam alat pendingin (kondensor) dan mengumpulkan hasil pengembunan sebagai zat cair.
Distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan materi kimia menurut perbedaan kecepatan atau fasilitas menguap (volatilitas) bahan.

Destilasi Minyak Bumi dengan Distilasi Fraksionasi

Minyak bumi adalah hasil penguraian sisa-sisa organisme renik berjuta-juta tahun yang lampau yang tertimbun lapisan-lapisan sedimen. 
Minyak bumi atau minyak mentah merupakan adonan yang kompleks dari senyawa-senyawa kimia, terutama hidrogen dan karbon.

Campuran ini dipisahkan di industri penyulingan untuk mendapat komponen-komponen penyusunnya yang disebut materi petrokimia atau turunan (derivatif) minyak. Derivatif utama minyak bumi ialah materi bakar ibarat minyak diesel dan bensin.

Minyak mentah dibawa menuju ke kawasan penyulingan minyak melalui kanal pipa atau diangkut dengan memakai kapal-kapal tanker. Industri penyulingan melaksanakan proses distilasi fraksionasi untuk memisahkan komponen-komponen minyak mentah.

Distilasi Fraksionasi

Distilasi fraksionasi merupakan proses untuk memisahkan petroleum menjadi fraksinya menurut titik didihnya.
Gas hasil penyulingan mengandung propana dan butana yang kemudian dimampatkan menjadi cairan yang disebut LPG (Liquefied Petroleum Gasses) atau gas elpiji.
Berikut ini ialah pembahasan wacana destilasi yang mencakup pengertian destilasi Pengertian Destilasi dan Proses Destilasi Bertingkat Minyak Bumi Menjadi Bahan Bakar
Gambar: Diagram Pemisahan Minyak Mentah Menjadi Berbagai Produk

Bensin, kerosin, dan minyak diesel digunakan untuk materi bakar dikirim ke depo atau kawasan penyimpanan. Ter dan sejenis minyak yang lengket lain digunakan dalam ketel uap dan pembangkit listrik.

Tidak semua materi petrokimia dari minyak mentah menjadi materi bakar. Residu dari distilasi fraksionasi ini sanggup dibuat minyak pelumas, lilin hidrokarbon atau lilin parafin, dan bitumen atau aspal. (Sumber: Ensiklopedia Iptek)