Pengertian Garam Dan Pola Garam Serta Reaksi Kimia Garam

Berikut ini yaitu pembahasan perihal garam yang mencakup pengertian garam, bagaimana garam terbentuk, referensi garam, reaksi kimia garam.

Pengertian Garam

Apakah yang dimaksud dengan garam?
Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion konkret (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). 
Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini sanggup berupa senyawa anorganik menyerupai klorida (Cl−), dan sanggup juga berupa senyawa organik menyerupai asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik menyerupai fluorida (F−), serta ion poliatomik menyerupai sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), materi utama garam dapur yaitu suatu garam.

Bagaimana garam sanggup terbentuk? 

Garam terbentuk saat suatu asam dan basa bereaksi dan saling menetralkan satu sama lain sehingga kesannya tidak memiliki sifat-sifat asam dan basa. Ion hidrogen (H+) dari asam dan ion hidroksida (OH-) dari basa dalam reaksinya satu sama lain akan membentuk air.

Perhatikan bentuk persamaannya berikut ini.

  • H+ + OH¯ → H2O

Contoh garam yang paling sering kita temukan yaitu NaCl atau garam dapur. Natrium klorida (NaCl) terjadi alasannya yaitu reaksi antara natrium hiroksida (NaOH) dengan asam klorida (HCl) dengan reaksi menyerupai berikut.

  • NaOH + HCl → NaCl + H2O

Jika airnya diuapkan maka akan kita dapatkan garam NaCl atau garam dapur yang berupa padatan berwarna putih.

Jika garam dapur tersebut kau larutkan ke dalam air, maka akan terbentuk ion natrium (Na+) dan ion klorida (Cl-), dengan reaksi yaitu:

  • NaCl → Na+ + Cl¯.

Contoh Garam beserta Manfaat dan Kegunaan Garam

Beberapa referensi garam ditunjukkan pada Tabel berikut.
Berikut ini yaitu pembahasan perihal garam yang mencakup pengertian garam Pengertian Garam dan Contoh Garam serta Reaksi Kimia Garam
Tabel: Beberapa jenis garam, rumus kima, beserta kegunaannya.

Setelah kau mengetahui sifat-sifat larutan asam, basa maupun garam dan indikator yang diharapkan untuk mengidentifikasinya, maka kau sanggup mengelompokkan bahanbahan di sekitarmu dalam asam, basa, atau garam.