Penyakit Pada Flora (Tanaman) Dan Macam-Macamnya Serta Ciri (Tanda) Tumbuhan Yang Terkana Penyakit

Berikut ini merupakan pembahasan wacana penyakit pada tanaman, ciri ciri tumbuhan berpenyakit, macam macam penyakit tanaman, pola penyakit tanaman, penyakit pada tumbuhan, tanda tanda flora berpenyakit, tanda tanda tumbuhan terkena penyakit.

Penyakit pada Tanaman

Tanaman dikatakan sakit apabila ada perubahan atau gangguan pada organ-organ tanaman. Tanaman yang sakit mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangannya tidak normal.

Penyakit tumbuhan disebabkan oleh mikroorganisme contohnya jamur, virus, dan bakteri. Selain itu penyakit tumbuhan sanggup disebabkan lantaran kekurangan salah satu atau beberapa jenis unsur hara.

Tanda-tanda Tanaman Terkena Penyakit

Tanda-tanda tumbuhan yang terkena penyakit ialah sebagai berikut.

a. Layu

Tanaman yang layu lantaran sakit berbeda dengan yang kekurangan air. Kamu sanggup mengujinya dengan menyiram tumbuhan dengan air. Jika tumbuhan tetap layu sesudah disiram air, kemungkinan ada penggalan akar dan jaringan dalam batang yang rusak oleh kuman atau virus.

b. Rontok

Bila kerontokan terjadi pada daun, ranting, buah, dan bunga secara bersamaan sanggup dipastikan bahwa tumbuhan tersebut menderita sakit. Penyebabnya sanggup lantaran parasit, nonparasit, atau serangan hama.

c. Perubahan warna

Misalnya daun menjadi berwarna kuning, redup, atau hijau pucat dalam jumlah banyak mengindikasikan bahwa tumbuhan itu sakit. Tetapi perubahan warna pada daun juga sanggup disebabkan oleh rusaknya klorofil atau lantaran kekurangan cahaya matahari.

d. Daun berlubang

Tanda ini biasanya diawali oleh bercak berbentuklingkaran, lalu kering dan terbentuk lubang.

e. Kerdil

Hal ini terjadi pada daun, buah, atau penggalan lainnya.

f. Daun mengeriting


g. Busuk pada batang, daun, atau buah


h. Semai roboh

Gambar: Contoh Tanaman yang Terkena Penyakit

Macam-macam Jensi Penyakit pada Tanaman (Tumbuhan)

Beberapa pola penyakit yang menyerang flora ialah sebagai berikut.

a. Penyakit layu cabai. 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Cabai yang terkena penyakit ini memiliki ciri-ciri daun muda layu diikuti dengan menguningnya daun-daun tua.

b. Penyakit hawar daun kentang. 

Disebabkan oleh jamur, gejalanya pada tepi-tepi daun ditemukan bercak-bercak terutama pada suhu rendah, kelembapan tinggi, dan curah hujan tinggi.

c. Penyakit anyir daun bawang merah. 

Disebabkan oleh jamur, gejalanya di bersahabat ujung daun timbul bercak hijau pucat, di permukaan daun berkembang jamur berwarna putih ungu, daun menguning, layu, dan mengering. Daun yang telah mati akan berwarna putih dan banyak terdapat jamur hitam.

d. Penyakit tungro pada tumbuhan padi. 

Penyakit ini mengakibatkan padi tumbuh kerdil dan tidak normal. Disebabkan oleh virus tungro dengan perantaraan wereng.

e. Penyakit mosaik

Penyakit ini banyak menyerang tumbuhan tembakau yang disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mosaic Virus).

Cara Mencegah dan Menanggulangi Penyakit Tanaman

Tanaman yang terkena penyakit lantaran kekurangan unsur hara sanggup dicegah dan ditanggulangi dengan melaksanakan pemupukan yang tepat.

Sedangkan penyakit lantaran mikroorganisme sanggup ditanggulangi dengan memperlihatkan pesitisida, contohnya bakterisida (memberantas kuman parasit) dan fungisida (memberantas jamur parasit).

Selain pestisida buatan, kini telah banyak dibentuk pestisida alami yang lebih kondusif terhadap lingkungan. Contohnya jamur sanggup diberantas dengan bubur bordeaux yaitu adonan yang mengandung kalsium karbonat dan senyawa tembaga.