3 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk Suatu Wilayah

Berikut ini yaitu pembahasan ihwal kependudukan yang mencakup faktor faktor pertumbuhan penduduk, faktor faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi migrasi penduduk, faktor-faktor yang mempengaruhi migrasi penduduk, faktor yg mempengaruhi pertumbuhan penduduk, faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk, faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk, faktor penyebab kepadatan penduduk, imbas pertambahan penduduk terhadap kesejahteraan sosial ekonomi, faktor-faktor yang mempengaruhi kepadatan penduduk.

Tahukah kau bahwa kualitas sumber daya insan Indonesia dibandingkan dengan negara lain di dunia dikala ini masih sangat rendah?

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh United Nation Development Program (UNDP) tahun 2004, Indonesia berada pada peringkat terbawah di antara negara-negara ASEAN sehabis Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Adapun jikalau dibandingkan dengan negara-negara di dunia, Indonesia berada pada peringkat 111, jauh di bawah Singapura yang berada di peringkat 25.

Hal yang diuraikan di atas merupakan salah satu permasalahan kependudukan di Indonesia secara kualitas. Pada pembahasan ini, kau akan mempelajarinya lebih jauh.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk suatu Wilayah

Penduduk yaitu orang-orang yang mendiami suatu tempat (kampung, negeri, pulau, dan sebagainya) dan tercatat sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku di tempat itu.

Adapun penduduk berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 Bab X Pasal 26 yaitu warga negara Indonesia dan orang absurd yang bertempat tinggal di Indonesia. Sampai dengan tahun 2007 penduduk Indonesia berjumlah 220.953.634 jiwa dan berada pada peringkat ke empat sehabis Cina, India, Amerika Serikat.

Untuk mengetahui jumlah penduduk, biasanya dilakukan sensus penduduk. Tahukah kau apa itu sensus penduduk? Sensus penduduk yaitu keseluruhan proses pengumpulan, pengolahan, dan publikasi data demografis di suatu negara untuk seluruh penduduk pada periode waktu tertentu.

Jumlah penduduk suatu kawasan selalu mengalami perubahan. Perubahan jumlah penduduk tersebut disebabkan adanya pertumbuhan penduduk, baik pertumbuhan penduduk kasatmata maupun pertumbuhan negatif.

Apabila terjadi pertumbuhan penduduk yang positif, jumlah penduduk akan bertambah, sebaliknya apabila pertumbuhan penduduk negatif, akan menimbulkan jumlah penduduk mengalami penurunan.

Perubahan jumlah penduduk di suatu kawasan dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu kelahiran, kematian, dan migrasi.

1. Kelahiran (Fertilitas)

Fertilitas (kelahiran) yaitu tingkat kelahiran hidup dari seorang perempuan selama masa reproduksinya, maksudnya masa seorang perempuan siap untuk melahirkan keturunan.

2. Kematian (Moralitas)

Mortalitas (kematian) yaitu meninggalnya seorang penduduk menimbulkan berkurangnya jumlah penduduk.

3. Migrasi

Migrasi adalah berpindahnya seorang penduduk dari suatu tempat ke tempat lain yang menimbulkan berkurang atau bertambahnya jumlah penduduk. 
Berikut ini yaitu pembahasan ihwal kependudukan yang mencakup faktor faktor pertumbuhan 3 Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk Suatu Wilayah
Bagan: Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk

Bentuk migrasi di antaranya,

  • imigrasi (pindahnya penduduk ke negara lain), 
  • emigrasi (masuknya penduduk dari negara lain), 
  • transmigrasi (pindahnya penduduk ke pulau lain dalam suatu negara), dan 
  • urbanisasi (pindahnya penduduk dari desa ke kota).

Demikian pembahasan ihwal kependudukan yang lebih fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di suatu wilayah.