Faktor-Faktor Yang Mensugesti Dan Mendorong Kebutuhan Insan Beserta Contohnya

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas perihal faktor faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, hal hal yang mempengaruhi kebutuhan manusia, keadaan ekonomi, lingkungan sosial budaya, tingkat pendidikan, kemajuan teknologi, kebijakan pemerintah, faktor pendorong kebutuhan manusia, dan latar belakang kebutuhan manusia.

Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kebutuhan

Apabila kita perhatikan lebih jauh, setiap orang mempunyai tingkat kebutuhan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut.


1. Keadaan Ekonomi

Keadaan ekonomi seseorang sangat memengaruhi kebutuhannya.
Semakin tinggi tingkat ekonomi seseorang, maka tingkat kebutuhannya akan semakin banyak. Sebaliknya, semakin rendah tingkat ekonomi seseorang, maka kebutuhannya pun cenderung sedikit.

Contohnya orang dengan golongan ekonomi lemah pemenuhan kebutuhannya akan lebih terfokus pada kebutuhan primer menyerupai kebutuhan akan makanan. Sebaliknya, orang yang tingkat ekonominya sudah tinggi, maka fokus kebutuhannya biasanya sudah bukan kebutuhan primer lagi. Mereka sudah terfokus pada kebutuhan yang sifatnya tersier, menyerupai pemanis atau barang glamor lainnya.

2. Lingkungan Sosial Budaya

Lingkungan sosial budaya akan sangat kuat terhadap kebutuhan seseorang.
Dalam suatu masyarakat tertentu, semakin tinggi status sosial seseorang, maka akan semakin banyak kebutuhannya. Perbedaan budaya juga akan kuat terhadap kebutuhan seseorang. 

Contohnya bagi masyarakat perkotaan yang sibuk dengan profesinya, layanan perjuangan bidang laundry sudah menjadi kebutuhan tersendiri, terlebih bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaannya dan tidak mempunyai pembantu di rumahnya. Hal tersebut lain halnya dengan masyarakat di pedesaan.

3. Keadaan Fisik

Keadaan fisik akan kuat terhadap tingkat kebutuhan seseorang. Perbedaan fisik dan jenis kelamin akan memilih kebutuhan setiap orang.

Contohnya orang yang tubuhnya besar biasanya akan membutuhkan masakan lebih banyak dibandingkan orang yang tubuhnya kurus. Perempuan membutuhkan kosmetik, sedangkan pria tidak.

4. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan akan kuat terhadap kebutuhan seseorang.
Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang biasanya kebutuhannya pun semakin banyak. Sebaliknya, semakin rendah pendidikan seseorang, maka kebutuhannya pun tidak sebanyak orang dengan tingkat pendidikan yang tinggi. 

Misal, seseorang yang pendidikannya hingga sekolah tinggi tinggi, maka akan lebih banyak membutuhkan biaya dan alat pendidikan menyerupai buku dibandingkan dengan orang yang pendidikannya hingga SMP.

5. Intensitas Kebutuhan

Intensitas (mendesak atau tidak mendesak) kebutuhan akan sangat memilih jumlah kebutuhan seseorang.
Semakin mendesak kebutuhan, maka biasanya tingkat kebutuhan akan semakin meningkat. Sebaliknya, semakin tidak mendesak kebutuhan, maka tingkat kebutuhan akan semakin menurun. 

Contohnya pada demam isu hujan orang membutuhkan payung sehingga seruan terhadap payung akan meningkat.

6. Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek)

Kemajuan Iptek akan sangat memengaruhi kebutuhan seseorang. Seperti berkembangnya teknologi di bidang ponsel (telepon seluler) mendorong seseorang mengalokasikan sebagian dari pendapatannya untuk mendapat ponsel dalam rangka lebih lancarnya komunikasi dengan sobat atau rekan kerjanya. Terlebih bagi mereka yang tinggal di perkotaan atau yang mempunyai intensitas kesibukan yang tinggi, biasanya intensitas kebutuhan akan hasil teknologi semakin tinggi pula.

7. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan yang ditetapkan pemerintah sanggup memengaruhi kebutuhan seseorang terhadap suatu barang.

Contohnya saat harga beras tinggi dan pemerintah memutuskan adanya operasi pasar besar murah, maka hal tersebut sanggup mendorong seseorang untuk berbelanja lebih banyak beras.

Baca juga: Macam-macam Kebutuhan Manusia