Apliklasi Dan Manfaat Pemuaian Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini merupakan pembahasan wacana manfaat pemuaian dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi pemuaian dalam kehidupan sehari-hari,dan penerapan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat dan Kegunaan Pemuaian

Sifat pemuaian benda ternyata banyak kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa manfaat pemuaian zat padat dijelaskan sebagai berikut.

1) Pemasangan roda besi pada roda pedati, sambungan rel kereta api, dan pemasangan beling pada bingkainya.

Gambar: Contoh Manfaat Pemuaian

2) Bimetal

Bimetal berasal dari kata bi yang berarti dua, dan metal yang berarti logam. Pengertian bimetal ialah dua keping logam yang berbeda koefisien muai panjangnya dijadikan satu dengan cara dipaku keling atau dilas.

Ketika dipanaskan atau didinginkan, bimetal tersebut melengkung akhir pemuaian atau penyusutan kedua logam yang berbeda.

Arah lengkung bimetal sangat gampang dipahami sebagai berikut.

a) Apabila dipanaskan, bimetal melengkung ke arah logam yang koefisien muai panjangnya lebih kecil.

b) Apabila didinginkan, bimetal melengkung ke arah logam yang koefisien muai panjangnya lebih besar.
Gambar: Bimetal

Banyak sekali peralatan yang memanfaatkan bimetal, antara lain sebagai berikut.

a) Sakelar otomatis pada setrika listrik

Sakelar otomatis ini sering dinamakan thermostat. Artinya sakelar ini akan memutuskan atau mengalirkan arus listrik alasannya dampak suhu (thermo = suhu).
Gambar: Sakelar Otomatis pada Setrika Listrik

b) Termometer bimetal

Ketika spiral bimetal terkena panas (suhu naik), bimetal akan memuai yang berarti akan melengkung (menggulung) ke dalam.
Gambar: Termometer Bimetal

Sebaliknya, spiral akan menggulung ke luar jikalau suhu turun. Arah bergeraknya jarum penunjuk suhu mengikuti arah melengkungnya bimetal.

Demikian pembahasan wacana manfaat pemuaian dalam kehidupan sehari-hari dilengkapi dengan pola dan gambearnya masing-masing.