Badan Kerjasama Ekonomi Multilateral Dan Internasional

Pembahasan kali ini akan membahas perihal tubuh kerjasama ekonomi internasional,  kerja sama ekonomi internasional, kolaborasi ekonomi regional,  kerjasama ekonomi regional, kerjsama multilateral, tubuh kerjasama ekonomi internasional,   tubuh kerjasama ekonomi regional, tubuh kerjasama regional dan pola kerja sama,  contoh kerjasam multillateral, pengertian IMF, pengertian ECOSOC, pengertian WTO, pengertian OPEC, bentuk kerjasama multilateral, kerjasama bilateral, multilateral dan bisnis kerjasama.

Bentuk kolaborasi multilateral bidang ekonomi 

Bentuk kerja sama multilateral bidang ekonomi sebagai berikut.

1. Word Bank (Bank Dunia)

Bank Dunia adalah tubuh dunia yang membantu suatu negara dalam mengentaskan kemiskinan dan memperbaiki kehidupan masyarakat.

Badan ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 menurut kesepakatan Konferensi Bretton Woods dan resmi beroperasi pada tanggal 25 Juni 1946. Badan ini bertugas membantu negara-negara yang rusak jawaban perang dengan menawarkan derma kebijakan dan pendanaan.


2. Asian Development Bank (ADB)

Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia didirikan pada tahun 1966. ADB yaitu tubuh keuangan pembangunan yang menawarkan derma bagi negara-negara Asia yang sedang membangun.

Negara yang menjadi anggota ADB terdiri atas negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Badan ini berfungsi menawarkan pinjaman dan modal untuk kemajuan ekonomi dan sosial, menawarkan derma teknik dan jasa konsultan pembangunan, mendorong investasi swasta dan modal untuk pembangunan, serta merespons undangan derma dari negara-negara anggota.

3. Islamic Development Bank (IDB)

Islamic Development Bank (IDB) yaitu tubuh dunia yang menawarkan derma bagi pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara Islam atau dominan penduduknya Islam. IDB didirikan pada tanggal 23 April 1975.

4. International Monetary Fund (IMF)

International Monetary Fund (IMF) merupakan forum keuangan dunia yang menangani problem keuangan. Masalah-masalah keuangan yang menjadi wewenang IMF di antaranya
  • Inflasi (kenaikan harga) dan pengangguran yang tinggi.
  • Depresiasi (penurunan nilai tukar mata uang).
  • Devaluasi (kenaikan nilai tukar mata uang) jawaban persaingan dagang antarnegara.
  • Defisit neraca pembayaran.
  • Runtuhnya sistem keuangan dan perbankan.

IMF berdiri menurut konferensi internasional di Bretton Woods, New Hampshire pada tanggal 1–22 Juli 1944.

Negara-negara pencetus IMF menyepakati penataan kembali perekonomian dunia yang hancur jawaban Perang Dunia II. IMF menyediakan pinjaman untuk membantu problem keuangan

Tujuan IMF antara lain:

a) memajukan kolaborasi moneter internasional;

b) menawarkan kemudahan dalam perdagangan antarnegara

c) mendorong kestabilan perdagangan;

d) menjaga perjanjian dan menghindari persaingan perdagangan yang tidak sehat;

e) membuat sistem pembayaran yang lancar dalam perdagangan antarnegara;

f) mendorong pengurangan kendala perdagangan antarnegara yang sanggup menghambat perdagangan bebas; serta

g) meyakinkan negara anggota dengan menyediakan sumber dana IMF.

5. Economic and Social Council (ECOSOC)

Economic and Social Council (ECOSOC) atau Dewan Ekonomi dan Sosial yaitu tubuh dunia yang mengurusi problem ekonomi dan sosial.

Badan ini pertama kali melaksanakan pertemuan pada tanggal 23 Januari 1946 di London. Badan ini bertugas mengoordinasi pekerjaan ekonomi dan sosial PBB, menampung isu-isu perihal hak asasi manusia, serta memfasilitasi kolaborasi budaya dan pendidikan internasional.

Badan ini (ECOSOC) membawahi badan-badan khusus PBB sebagai berikut.

a) Food Agricultural Organization (FAO)

Pembahasan kali ini akan membahas perihal tubuh kerjasama ekonomi internasional Badan Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Internasional
FAO
Untuk mengurusi problem pangan dan pertanian, PBB membentuk tubuh khusus yang berjulukan Food Agricultural Organization (FAO).

Badan khusus ini didirikan pada tanggal 16 Oktober 1945.

FAO mempunyai tujuan antara lain memajukan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas materi makanan, mengurangi ancaman kelaparan, serta mempromosikan acara pembangunan di perdesaan.

b) International Labour Organization (ILO)

International Labour Organization (ILO) atau Organisasi Buruh Internasional yaitu tubuh khusus yang menangani problem perburuhan.

ILO berdiri pada tanggal 11 April 1919 yang bertujuan mewujudkan perdamaian dengan terciptanya keadilan sosial, mendorong peningkatan kesejahteraan buruh, serta membuat kestabilan ekonomi dan sosial.

c) United Nations Education Scientific and Cultural Organization (UNESCO)

United Nations Education Scientific and Cultural Organization (UNESCO) yaitu tubuh khusus yang menangani pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya.

d) World Health Organization (WHO)

World Health Organization (WHO) yaitu tubuh khusus yang menangani problem kesehatan negara-negara di dunia. Badan ini didirikan pada tanggal 7 April 1948.

6. World Trade Organization (WTO)

World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia yaitu tubuh yang menangani problem perdagangan antarnegara. Perdagangan antarnegara diatur atas kesepakatan negara-negara anggota.

WTO berdiri pada tanggal 1 Januari 1995 di Geneva, Swiss. Sistem perdagangan bebas telah ada semenjak tahun 1947.

Pada tahun 1947 terdapat hukum perihal tarif dan perdagangan dunia, sering disebut dengan General Agreement on Tariffs and Trade (GATT). Sejak berdirinya WTO, kesepakatan perihal perdagangan antarnegara diatur tubuh tersebut.

WTO bertugas menyelesaikan sengketa dagang di antara negara-negara anggota. Badan ini membuat hukum dalam Understanding on Rules and Procedures Governing the Settlement of Disputes (DSU).

DSU dilengkapi pengadilan banding bagi negara yang tidak baiklah terhadap hukuman yang diberikan atas keputusan WTO.

7. Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC)

Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) yaitu organisasi negara-negara pengekspor minyak.

OPEC berdiri pada tanggal 14 September 1960 di Bagdad, Irak. Pada tanggal 1 September 1965 sekretariat OPEC pindah ke Vienna, Austria.

Organisasi ini bertujuan mengatur produksi dan pemasaran minyak di negara anggota sehingga menghindarkan dari persaingan yang tidak sehat, mengusahakan kestabilan harga minyak mentah dunia, serta mengefisiensikan produksi minyak mentah guna memenuhi kebutuhan dunia.