Dampak Positf Dan Negatif Migrasi (Imigrasi, Emigrasi Dan Rulalisasi)

Berikut ini yaitu pemahasan perihal efek migrasi yang mencakup efek faktual imigrasi, efek faktual emigrasi, efek negatif imigrasi, efek negatif emigrasi, efek negatif migrasi, efek faktual migrasi.

Melalui pembahasan sebelumnya, kau sudah mengetahui bahwa migrasi terdiri atas migrasi internasional dan migrasi nasional.

Masing-masing migrasi ini mempunyai efek yang berbeda sehingga pembahasan perihal efek migrasi akan diuraikan menurut dua jenis migrasi tersebut.

Dampak Positif Migrasi


Dampak faktual imigrasi yaitu sebagai berikut.

  1. Migrasi mendorong terjadinya proses alih teknologi dari tenaga aneh kepada tenaga kerja Indonesia.
  2. Kedatangan orang-orang aneh ke Indonesia mempercepat proses pembangunan, dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar.
  3. Imigrasi dari negara-negara asing, terutama dari negara maju yang bertujuan untuk bekerja di Indonesia. Biasanya, tenaga mahir yang mempunyai keterampilan (skill) yang baik. Hal ini sanggup membantu kekurangan tenaga mahir di Indonesia.
  4. Dapat menambah rasa persahabatan dan kebersamaan antarbangsa. Adanya orang-orang aneh yang tinggal di Indonesia akan memudahkan kita untuk bergaul dan mengenal mereka secara pribadi sehingga timbul suatu rasa kebersamaan dengan mereka.

Dampak faktual emigrasi yaitu sebagai berikut.

  1. Meningkatkan persediaan devisa negara berupa mata uang aneh yang diperoleh dari orang Indonesia yang kerja di luar negeri (TKI).
  2. Mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap tenaga-tenaga mahir dari luar negeri. Dengan banyaknya orang Indonesia yang berguru di luar negeri menjadikan investasi sumber daya insan yang bermutu di kemudian hari.
  3. Dapat menjadi duta bangsa untuk memperkenalkan Indonesia di negara lain.

Dampak faktual ruralisasi yaitu sebagai berikut.

  1. Menjadi pendorong pembaruan di desa, terlebih bila yang pindah yaitu penduduk yang berpendidikan.
  2. Membantu kekurangan tenaga terampil di desa.
  3. Mendorong kemajuan perekonomian di desa.
Berikut ini yaitu pemahasan perihal efek migrasi yang mencakup efek faktual imigrasi Dampak Positf dan Negatif Migrasi (Imigrasi, Emigrasi dan Rulalisasi)
Gambar: Pembangunan Desa

Dampak Negatif Migrasi

Selain menawarkan banyak efek faktual bagi kehidupan masyarakat, migrasi juga sanggup menjadikan efek negatif yang kurang baik. Dampak negatif yang ditimbulkan migrasi internasional berbeda dengan efek negatif migrasi nasional.

Dampak negatif imigrasi yaitu sebagai berikut.

  1. Orang-orang yang melaksanakan imigrasi adakalanya di antara mereka terdapat orang-orang yang bertujuan tidak baik, ibarat pengedar narkoba, bertujuan politik, memata-matai, dan sebagainya.
  2. Imigran aneh yang tiba untuk bekerja kadang-kadang sanggup menjadikan kecemburuan sosial antara tenaga kerja aneh dan tenaga kerja dalam negeri.
  3. Berkembangnya budaya aneh yang tidak sesuai dengan budaya bangsa. Apabila filter dari masyarakat rendah, sanggup merusak budaya kita.

Dampak negatif emigrasi yaitu sebagai berikut.

  1. Tenaga-tenaga terampil dalam negeri lebih menentukan tinggal di luar negeri, apabila kehidupan di luar negeri lebih baik.
  2. Jika emigran-emigran dari Indonesia ke luar negeri merupakan tenaga-tenaga ahli/terampil, akan mengurangi tenaga mahir yang ada di dalam negeri.
  3. Oknum emigran-emigran dari Indonesia yang melaksanakan tindakan-tindakan yang dihentikan di negara lain, sanggup memperburuk gambaran Indonesia di luar negeri.

Baca Selengkapnya: