Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Dan Penjelasannya

Pertemuan kali ini akan membahas perihal faktor pendorong perdagangan internasional, faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional, faktor perdagangan internasional dan faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional


Faktor-Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional yakni korelasi dagang yang melibatkan suatu negara dengan negara lain untuk mendapat barang atau jasa.

Hubungan dagang ini bisa meningkatkan perekonomian suatu negara. Apa sajakah faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional? Beberapa faktor yang mendorong timbulnya perdagangan internasional sebagai berikut.

a. Perbedaan Kemampuan Produksi

Penduduk di suatu negara mempunyai kebutuhan yang beraneka ragam. Padahal, kemampuan produksi setiap negara tidak sama.

Hal ini menjadikan tidak semua kebutuhan sanggup terpenuhi. Untuk mengatasinya, suatu negara menjalin korelasi dagang dengan negara lain. Dengan begitu, kebutuhan di dalam negeri bisa terpenuhi.
Pertemuan kali ini akan membahas perihal faktor pendorong perdagangan internasional Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Penjelasannya
Perdagangan Internasional

b. Perbedaan Kondisi Geografi

Setiap negara mempunyai potensi alam yang berbeda-beda. Ada yang kaya hasil hutan, perikanan, maupun tambang.

Perbedaan sumber daya ekonomi dipengaruhi oleh kondisi geografis (wilayah) suatu negara. Kondisi geografis yang berbeda mendorong beberapa negara untuk menjalin kolaborasi guna mendapat barang-barang yang diinginkan.

c. Perbedaan Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) tiaptiap negara tidak sama. Pada negara maju, perkembangan iptek telah mencapai pada tingkat tinggi.

Sementara itu, pada negara berkembang perkembangan iptek masih tertinggal. Oleh lantaran itu, diharapkan kolaborasi antarnegara untuk memperoleh manfaat atas kemajuan iptek.

d. Kesamaan Selera atas Suatu Barang

Kesamaan selera memungkinkan masyarakat di aneka macam negara untuk mengkonsumsi barang dan jasa yang dipasarkan di negara tersebut. Fenomena ini bisa dilihat di beberapa negara.

Lihatlah perkembangan restoran cepat saji di Indonesia. Di kota-kota besar tersebar restoran cepat saji, ibarat KFC, McDonald, Hoka Hoka Bento, dan Dunkin Donuts.

Perkembangan ini disebabkan oleh selera masyarakat Indonesia yang tidak menolak produk dari restoran cepat saji tersebut. Bahkan, masyarakat Indonesia menyukai produk tersebut.