Alat Reproduksi Perempuan Bab Luar Dan Dalam Beserta Gambarnya

Pembahasan kali ini berisi ihwal anatomi alat kelamin pada wanita, foto alat kelamin/reproduksi wanita, alat kemaluan wanita, alat reproduksi perempuan bab luardan dalam, bab alat reproduksi wanita, organ reproduksi perempuan bab luar dan dalam, fungsi alat reproduksi perempuan dan kelainan pada alat reproduksi wanita.

Alat Kelamin Wanita

Alat kelamin perempuan menghasilkan ovum. Alat kelamin perempuan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu alat kelamin luar dan alat kelamin dalam.

a. Alat Kelamin Wanita bab Luar 

Pembahasan kali ini berisi ihwal anatomi alat kelamin pada perempuan Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar dan Dalam beserta Gambarnya
Gambar: Alat Kelamin Wanita Bagian Luar

Alat kelamin luar pada perempuan dikenal sebagai vulva, yang terdiri atas:

1) Mons veneris, yaitu sebuah ganjal lemak yang terletak di depan simfisis pubis.

2) Labia mayora (bibir besar) ialah dua lipatan tebal yang membentuk sisi vulva.

3) Labia minora (bibir kecil) ialah dua lipatan kecil dari kulit di antara bab atas labia mayora.

4) Klitoris adalah sebuah jaringan erektil kecil yang serupa dengan penis bagi laki-laki.

4) Kelenjar vestibularis mayor (bartholini) terletak sempurna di belakang labia mayora, di setiap sisi kelenjar ini mengeluarkan lendir dan salurannya keluar antara himen dan labia minora.

Himen dikenal sebagai selaput dara, yang merupakan selaput dari membran tipis, di tengahnya terdapat lubang daerah keluarnya darah menstruasi.
Pembahasan kali ini berisi ihwal anatomi alat kelamin pada perempuan Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar dan Dalam beserta Gambarnya
Foto: Gambar Anatomi alat kelamin perempuan Lengkap

b. Alat Kelamin Wanita bab Dalam

Alat kelamin dalam perempuan terdiri atas vagina, uterus, oviduk, dan ovarium.

1) Vagina

Vagina adalah tabung berotot yang dilapisi membran dari jaringan epitel dan dialiri pembuluh darah. Panjang vagina ialah dari vestibula hingga serviks (mulut rahim). Vagina berfungsi sebagai daerah penyimpanan sperma dan berkhasiat dalam proses kelahiran bayi.

2) Uterus (rahim)

Uterus adalah organ yang tebal, berotot, berbentuk buah pir, terletak di dalam pelvis antara rektum dan kandung kencing.

Di dalam uterus terdapat otot yang disebut miometrium dan selaput lendir yang melapisi bab dalamnya yang disebut endometrium. Sebagian besar permukaan luar uterus ditutupi oleh peritorium.

Di bab bawah, uterus menyatu dengan vagina dan bab atasnya menyatu dengan tuba fallopi. Uterus berfungsi sebagai daerah janin menempel, tumbuh, dan berkembang hingga proses kelahiran.
Pembahasan kali ini berisi ihwal anatomi alat kelamin pada perempuan Alat Reproduksi Wanita Bagian Luar dan Dalam beserta Gambarnya
Gambar: Alat Kelamin Wanita Bagian Dalam

3) Oviduk (tuba fallopi)

Tuba fallopi disebut juga jalan masuk telur, terdapat di sebelah kiri dan kanan bab atas uterus. Panjangnya kirakira 10 cm dan di bab ujung erat uterus menyempit.

Pada bab ujung tuba fallopi terdapat fimbriae (umbai), yang berfungsi menangkap sel telur dikala ovulasi. Salah satu fimbriae melekat ke ovarium. Tuba fallopi berfungsi untuk mengantarkan ovum dari ovarium ke uterus.

4) Ovarium

Ovarium adalah organ yang berfungsi menghasilkan ovum. Ovarium mempunyai bentuk menyerupai biji buah kenari, terletak di kanan dan kiri uterus, di bawah tuba fallopi.

Ovarium berisi sejumlah besar ovum yang belum matang, yang disebut oosit primer atau folikel. Setiap bulan, perempuan mengalami pematangan sel folikel menjadi folikel de Graaf.

Sel telur yang sudah matang (folikel de Graaf) akan terlepas dari folikel. Kejadian ini disebut ovulasi. Ovarium juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron.