Definisi (Pengertian) Penawaran Dan Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Penawaran

Setelah membahas perihal arti permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada pembahasan sebelumnya. Berikut ini yakni pembahasan perihal penawaran yang mencakup pengertian penawaran, definisi penawaran, pola penawaran, faktor yang mensugesti penawaran.

Pengertian Penawaran (Supply)

Setelah kau memperoleh klarifikasi tentang permintaan dan hal-hal yang berkaitan dengan permintaan, datang saatnya kita membahas perihal penawaran (supply). Apakah yang dimaksud dengan penawaran?

Tentu kau pernah melihat pedagang asongan yang menjajakan dagangannya di lampu merah atau kau melihat para pedagang yang menjajakan dagangannya di pasar. Menurut kau apakah mereka sedang melaksanakan acara penawaran? Jadi, apakah penawaran itu?
Dalam ilmu ekonomi, penawaran diartikan sebagai sejumlah barang yang ditawarkan oleh produsen pada aneka macam tingkat harga selama periode tertentu.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran

Penawaran terhadap suatu barang banyak dipengaruhi oleh aneka macam hal, di antaranya yakni sebagai berikut.

a. Harga barang itu sendiri

Apabila harga suatu barang naik, produsen akan menaikkan jumlah barang yang dihasilkannya. Hal ini akan membawa kita pada aturan penawaran yang menjelaskan korelasi antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang tersebut.

b. Harga barang lain yang terkait

Harga barang lain yang terkait maksudnya yakni harga barang substitusi dan harga barang komplementer. Apabila harga barang substitusi naik, penawaran suatu barang akan bertambah. Begitu juga sebaliknya, sementara bila harga barang komplementer naik, penawaran akan suatu barang akan berkurang.

c. Harga faktor produksi

Pada jumlah anggaran yang tetap, kenaikan harga faktor produksi, menyerupai tingkat upah, harga materi baku, atau kenaikan tingkat bunga modal akan mengakibatkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit. Hal ini tentu saja mengakibatkan penawaran barang tersebut berkurang.

d. Biaya produksi

Apabila biaya produksi suatu barang naik, perusahaan akan mengurangi produksinya pada tingkat jumlah anggaran yang tetap. Oleh sebab itu, menurunnya tingkat produksi ini tentu saja mengakibatkan penawaran barang tersebut berkurang.

e. Teknologi produksi

Adanya kemajuan pada teknologi produksi sanggup mengakibatkan penurunan biaya produksi dan sanggup membuat barang-barang baru. Dengan demikian, kemajuan teknologi ini sanggup mendorong bertambahnya penawaran terhadap suatu barang.

f. Jumlah pedagang atau penjual

Apabila jumlah pedagang atau penjual suatu barang semakin banyak, secara otomatis jumlah barang yang ditawarkan pun akan semakin bertambah.

Baca juga: Bunyi Hukum Permintaan