Etika Dan Alat Keselamatan Kerja Di Laboratorium (Lab)

Berikut ini ialah pembahasan perihal Etika Bekerja dan Peralatan di Laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium, keselamatan kerja di laboratorium kimia, alat alat keselamatan kerja, peralatan keselamatan kerja, alat pelindung diri, keselamatan kerja di lab, keselamatan kerja di laboratorium biologi, perlengkapan keselamatan kerja.

Etika Bekerja dan Peralatan di Laboratorium

Sekarang kalian juga sanggup mempelajari makhluk hidup di laboratorium. Namun, ada aturan-aturan yang harus kalian perhatikan ketika bekerja di laboratorium.

Bagaimana Bekerja di Laboratorium?

Laboratorium biologi merupakan kawasan untuk mempelajari makhluk hidup. Makhluk hidup sanggup dipelajari dengan melaksanakan pengamatan, praktik, dan percobaan. Sebelum melaksanakan pengamatan kalian sebaiknya mengenal alat-alat yang ada di laboratorium.

Alat-Alat Laboratorium

Laboratorium yang baik harus didukung dengan tersedianya alat-alat yang lengkap dan memadai. Berikut alat-alat yang biasa ditemukan di laboratorium.

Cermati setiap alat yang ada di laboratorium! Berusahalah untuk mengetahui cara memakai alat-alat tersebut!
Berikut ini ialah pembahasan perihal Etika Bekerja dan Peralatan di Laboratorium Etika dan Alat Keselamatan Kerja di Laboratorium (LAB)
Gambar: Macam-macam Peralatan di Laboratorium

Keterangan:

a. Tabung reaksi ialah kawasan untuk mereaksikan zat

b. Gelas erlenmeyer ialah kawasan untuk mencampur zat

c. Corong untuk membantu memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah lain biar tidak tumpah

d. Gelas beker ialah alat ukur zat cair

e. Pinset adalah alat untuk memegang atau memindahkan objek yang berukuran kecil

f. Gunting untuk memotong objek

g. Lup untuk melihat objek yang kecil biar tampak lebih besar

h. Gelas preparat untuk meletakkan objek yang akan diamati di bawah mikroskop

i. Lampu bunsen untuk alat pemanas

j. Kaki tiga ialah kawasan meletakkan objek ketika dipanaskan

k. Skalpel untuk mengiris atau memotong objek

l. Mikroskop adalah alat untuk mengamati objek yang berukuran kurang dari 1 mm

Setiap alat laboratorium harus dirawat dan dipakai dengan benar. Hal ini bertujuan biar alat tersebut senantiasa sanggup berfungsi dengan baik dan selalu siap dikala digunakan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memakai alat-alat laboratorium.

1) Kebersihan Alat

Alat-alat yang simpulan dipakai harus dicuci bersih, bila perlu disterilkan. Alat-alat yang sudah dicuci harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan.

2) Penyimpanan Alat

Alat-alat laboratorium yang terbuat dari besi harus disimpan dalam keadaan kering untuk menghindari perkaratan. Sementara itu, alat-alat laboratorium yang terbuat dari beling disimpan di rak yang kondusif biar tidak jatuh dan pecah.

Etika Perilaku di Dalam Laboratorium

Menjaga sikap di dalam laboratorium sanggup diawali dengan berpakaian secara benar. Saat kalian bekerja di laboratorium kenakan jas laboratorium!

Kenakan kaos tangan yang terbuat dari karet! Tujuannya biar tangan tidak iritasi jikalau terkena materi kimia. Kenakan juga masker yang menutupi verbal dan hidung! Tujuannya biar kalian tidak menghirup materi kimia yang berbahaya.

Bekerjalah dengan damai dikala di laboratorium. Jangan hingga kalian menumpahkan materi kimia alasannya ialah sanggup menjadikan kebakaran. Makan-makan dikala bekerja di laboratorium juga tidak diperbolehkan untuk menghindari keracunan.