Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju (Kecepatan) Reaksi Kimia

Berikut ini merupakan pembahasan perihal faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, efek konsentrasi terhadap kecepatan reaksi, efek suhu terhadap laju reaksi, faktor faktor yg mempengaruhi laju reaksi.

Faktor-Faktor Apa Sajakah yang Memengaruhi Kecepatan Reaksi?

Setiap reaksi kimia berlangsung dengan waktu berbeda-beda. Ada reaksi yang berlangsung lambat, sangat lambat, cepat, dan sangat cepat. Reaksi perkaratan besi tergolong reaksi lambat alasannya yaitu memerlukan waktu berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Sementara itu, meledaknya bom merupakan reaksi yang sangat cepat alasannya yaitu berlangsung dalam beberapa detik.

1. Banyak Sedikitnya Atom atau Molekul

Teori tumbukan merupakan cara yang sempurna untuk menjelaskan seberapa cepat atau seberapa lambat reaksi kimia terjadi. Teori ini menyatakan bahwa reaksi kimia terjadi akhir tumbukan antara atom dan molekul.
Semakin banyak atom dan molekul dalam ruang tertentu, semakin tinggi tumbukan dalam ruang tersebut. 
Akibatnya, kecepatan reaksi kimia juga semakin tinggi. Atom dan molekul yang bereaksi hanyalah yang berada di permukaan. Bagaimana korelasi antara ukuran materi, luas permukaan, dan kecepatan reaksi?

2. Besar Kecilnya Ukuran dan Luas Permukaan Partikel

Hanya molekul-molekul zat yang ada di permukaan zat padat yang sanggup bereaksi dengan zat lainnya. Mengubah ukuran zat padat menjadi partikel-partikel yang lebih kecil berarti meningkatkan luas permukaannya.
Gambar: Dalam berat yang sama, semakin kecil ukuran partikel,
semakin besar kemungkinan terjadinya tumbukan.
Hal ini akan meningkatkan kecepatan reaksinya. Semakin kecil ukuran partikel, semakin cepat reaksi kimia berlangsung.
Materi yang berbentuk serbuk memiliki permukaan bidang sentuh lebih banyak dibandingkan dengan bahan berbentuk pecahan dalam berat yang sama.

Akibatnya, bahan berbentuk serbuk lebih gampang bertumbukan dengan bahan lain. Adanya tumbukan antar bahan inilah yang menimbulkan terjadinya reaksi. Jadi, semakin banyak terjadi tumbukan, semakin cepat terjadi reaksi.

3. Tinggi Rendahnya Suhu

Selain ukuran materi, suhu juga memengaruhi kecepatan reaksi. Reaksi kimia terjadi alasannya yaitu adanya tumbukan molekul-molekul zat yang bereaksi. Tumbukan ini terjadi akhir adanya energi kinetik. Besarnya energi kinetik dipengaruhi oleh suhu.
Semakin tinggi suhu, energi kinetik semakin bertambah. Bertambahnya energi kinetik menimbulkan tumbukan antarmolekul zat semakin cepat. Oleh alasannya yaitu itu, reaksi juga semakin cepat terjadi.
Demikian pembahasan perihal beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi kimia, dilengkapi dengan penjelasannya masing-masing.