Jenis Uang Giral Dan Penjelasannya

Pembahasan kali ini membahas perihal jenis uang giral, bentuk dan macam uang kartal pengertian uang kartal, pengertian uang giral, jenis mata uang, jenis jenis mata uang, jenis uang, jenis jenis uang, uang koin indonesia, uang logam indonesia, koin kuno, dan uang koin kuno.

Jenis-Jenis Uang


Uang yang sanggup dijadikan alat untuk melaksanakan banyak sekali acara sehari-hari terbagi dalam beberapa jenis sebagai berikut.

1) Berdasarkan Bahan

Uang bila dilihat dari materi untuk membuatnya terdiri atas dua macam sebagai berikut.

a) Uang Logam

Uang logam merupakan uang dalam bentuk koin yang terbuat dari logam. Bahan pembuat uang logam antara lain aluminium, kupronikel, broze, emas, perak, atau perunggu.

Biasanya uang yang terbuat dari logam memiliki nominal yang kecil. Di Indonesia uang logam terdiri atas potongan Rp25,00; Rp50,00; Rp100,00; Rp200,00; Rp500,00; dan Rp1.000,00.

b) Uang Kertas

Uang kertas merupakan uang yang bahannya terbuat dari kertas atau materi lain. Uang kertas
harus dibentuk dengan materi berkualitas tinggi yang tahan air, tidak gampang robek, dan tidak luntur.

Uang kertas biasanya dibentuk dalam nominal yang lebih besar sehingga gampang dibawa dan dipakai dalam transaksi sehari-hari. Pecahan uang kertas di Indonesia mulai dari
Rp100,00;
Rp500,00;
Rp1.000,00;
Rp5.000,00;
Rp10.000,00;
Rp20.000,00;
Rp50.000,00;
Rp100.000,00.

2) Berdasarkan Nilai

Jenis uang sanggup dilihat dari nilai yang terkandung pada uang tersebut. Nilai uang terdiri atas nilai intrinsik, yaitu nilai materi untuk menciptakan uang dan nilai nominal yaitu nilai yang tertera dalam uang tersebut.

Jenis uang menurut nilainya terdiri atas dua jenis berikut.

a) Bernilai Penuh (Full Bodied Money)

Uang bernilai penuh artinya uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya. Uang bernilai penuh biasanya terdapat pada uang logam mulia yang terbuat dari materi emas atau perak.

b) Bernilai Tidak Penuh (Representatif Full Bodied Money)

Uang jenis ini nilai instrinsiknya lebih kecil dari nilai nominalnya. Contoh uang ini ialah uang kertas.

3) Berdasarkan Lembaga yang Menerbitkan

Berdasarkan forum yang menerbitkan, uang sanggup dibedakan sebagai berikut.

a) Uang Kartal

Uang kartal ialah uang yang diterbitkan oleh bank sentral. Uang yang kau gunakan sehari-hari termasuk uang kartal. Uang ini sanggup berupa uang kertas atau uang logam.

b) Uang Giral

Uang giral ialah uang yang diterbitkan oleh bank umum. Contoh uang giral ialah cek dan bilyet giro. Bilyet giro ialah surat perintah nasabah bank untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya pada rekening nasabah lain yang ditunjuk.
Pembahasan kali ini membahas perihal jenis uang giral Jenis Uang Giral dan Penjelasannya
Contoh Uang Giral


4) Berdasarkan Kawasan

Jenis uang ternyata juga sanggup dilihat dari daerah atau wilayah berlakunya uang tersebut.

a) Uang Lokal

Uang lokal ialah uang yang dipergunakan dalam satu negara tertentu. Misalnya rupiah yang dipakai di Indonesia, ringgit dipakai di Malaysia, dan rupee dipakai di India.

b) Uang Regional Uang regional digunakan

oleh beberapa negara dalam satu tempat tertentu. Penggunaan uang regional masih terbatas pada euro yang dipakai di tempat Eropa.

Akan tetapi, bukan mustahil dengan pesatnya perdagangan bebas uang regional semakin banyak dipakai di beberapa tempat perdagangan yang lain.

c) Uang Internasional

Uang internasional merupakan uang yang berlaku antarnegara hampir di seluruh dunia dan menjadi standar pembayaran internasional. Contohnya US dolar yang hingga dikala ini dipakai sebagai standar pembayaran internasional.