Macam-Macam Jenis Gangguan, Kelainan Dan Penyakit Pada Sistem Gerak Insan (Tulang, Otot Dan Sendi)

Berikut ini merupakan pembahasan perihal gangguan pada tulang, gangguan pada otot, kalainan pada tulang, kelainan pada otot, penyakit pada tulang, penyakit pada otot, gangguan pada sistem gerak, kelainan pada sistem gerak, penyakit pada sistem gerak.

Kelainan pada Tulang dan Otot

Sistem gerak sanggup mengalami gangguan atau kelainan. Berikut ini beberapa kelainan-kelainan pada otot dan tulang.

a. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu penyakit penurunan massa tulang (pengurangan jaringan tulang). Pada osteoporosis, proses penghancuran komponen tulang melebihi proses pembentukan komponen tulang.

Faktor penyebabnya yaitu gangguan absorbsi vitamin D dan kalsium pada usus, menurunnya kadar estrogen sesudah menopause, dan kurangnya olahraga.

b. Patah tulang

Patah tulang terdapat dua jenis yaitu patah tulang tertutup jikalau tulang tidak mencuat keluar menembus kulit dan patah tulang terbuka jikalau patahan tulang mencuat keluar dari kulit.

Patah tulang sanggup disebabkan benturan kuat. Garis patah tulang sanggup berupa retakan saja, tetapi jikalau parah, tulangnya sanggup hancur.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal gangguan pada tulang Macam-macam Jenis Gangguan, Kelainan dan Penyakit pada Sistem Gerak Manusia (Tulang, Otot dan Sendi)
Gambar: Macam-macam Kelainan pada Tulang

c. Lordosis

Lordosis yaitu kelainan tulang belakang yang terlalu bengkok ke depan.

d. Kifosis

Kifosis yaitu kelainan tulang belakang yang terlalu bengkok ke belakang atau bongkok.

e. Skoliosis

Skoliosis yaitu kelainan tulang belakang bengkok ke kiri atau ke kanan.

f. Reumatik

Reumatik yaitu segala sesuatu yang berafiliasi dengan rasa sakit dari alat gerak yaitu otot dan tulang. Hal ini sering berkaitan dengan sendi.

g. Atrofi otot

Atrofi otot yaitu penurunan fungsi otot lantaran otot mengecil atau kehilangan kemampuan berkontraksi. Kebalikannya hipertrofi yaitu otot menjadi lebih besar dan lebih kuat.