Definisi Dan Pengertian Uang Berdasarkan Para Ahli

Dalam kehidupan yang semakin berkembang, masyarakat dituntut untuk sanggup memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ibarat kebutuhan makan, pakaian, daerah tinggal, dan kebutuhan lainnya. Agar sanggup mencukupi kebutuhan tersebut diharapkan uang sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Di sini uang memiliki peranan yang sangat penting, tanpa uang orang sulit memenuhi kebutuhan hidup. Dengan kata lain, setiap orang baik di desa maupun di kota sangat membutuhkan uang sebagai sarana untuk sanggup memenuhi kebutuhannya.

Selain uang, forum keuangan juga sangat berperan dalam penyediaan modal bagi masyarakat yang membutuhkan. Modal digunakan sebagai sarana  untuk membiayai dalam membuat barang/jasa sebagai alat pemuas kebutuhan.

Pokok-pokok bahan pada pembahasan kali ini ialah wacana pengertian uang, definisi uang, pengrertian uang berdasarkan para ahli, pengertian uang logam, pengertian uang kertas, pengertian uang kartal, pengertian uang giral dan pengertian uang barang.

 masyarakat dituntut untuk sanggup memenuhi kebutuhan hidup sehari Definisi dan Pengertian Uang Menurut Para Ahli
Gambar: Uang


Pengertian Uang 

Setiap hari hampir setiap orang membutuhkan uang sebagai sarana uantuk mendapat barang dan jasa guna memenuhi kebutuhannya, contohnya membeli bensin bagi pengendara kendaraan bermotor, membayar pajak, membeli tiket pertunjukan, membeli aneka barang, membayar uang sekolah, dan sebagainya.

Tapi tahukah kalian apa yang dimaksud dengan uang? Untuk mengetahui dan memahami pengertian uang, di bawah ini dikemukakan beberapa definisi uang dari para andal ekonomi.

a. D.H. Robetson, uang adalah sesuatu yang umum diterima untuk pembayaran barang.

b. Albert Gailort Hart, uang adalah kekayaan yang sanggup digunakan oleh pemiliknya untuk melunasi hutang dalam jumlah tertentu pada waktu itu juga.

c. Rollin G. Thomas, uang adalah segala sesuatu yang diterima secara umum sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang, jasa, dan kekayaan berharga serta untuk pembayaran hutang.

d. R.S. Sayers, uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai alat pembayaran hutang.

e. A.C. Pigou, uang adalah segala sesuatu yang umum digunakan sebagai alat penukar.

f. George N. Halm, uang adalah alat untuk mempermudah pertukaran dan sanggup mengatasi kesukaran-kesukaran dari barter.

Dari beberapa definisi tersebut sanggup diketahui bahwa para andal ekonomi dalam mendefinisikan uang menitikberatkan pada fungsi uang, sehingga sanggup diambil kesimpulan bahwa uang merupakan alat pembayaran yang sah untuk mempermudah pertukaran dan pertukaran.