Macam-Macam Tipe-Tipe Sosialisasi Beserta Contohnya

Pada pembahasan kali ini, kita akan menguraikan bahan perihal tipe-tipe sosialisasi, sosialisasi formal, sosialisasi informal, macam-macam sosialisasi, pola sosialisasi formal, pola sosialiasi informal, pengertian sosialisasi formal, jenis-jenis sosialisasi, lingkungan sosial, pengertian lingkungan sosial, dan apa itu sosialisasi.


Tipe-tipe Sosialisasi Beserta Contohnya

Tipe-tipe Sosialisasi

Setiap kelompok masyarakat mempunyai standar nilai yang berbeda. Khususnya nilai adab yang berbicara perihal baik buruk. Sebagai pola standar nilai yang berlaku di lingkungan kelompok sepermainan kau dengan di sekolah.

Di sekolah, seseorang disebut baik apabila nilai ulangannya di atas tujuh atau tidak pernah terlambat masuk sekolah. Sementara di kelompok sepermainan, seseorang disebut baik apabila mempunyai rasa solidaritas yang tinggi terhadap temannya. Perbedaan standar nilai ini tidak terlepas dari tipe sosialisasi yang ada.

Terdapat dua tipe sosialisasi sebagai berikut:
  • Tipe Formal
Tipe ini terjadi melalui lembaga-lembaga yang berwenang berdasarkan ketentuan yang berlaku dalam suatu negara, menyerupai di lingkungan pendidikan formal (sekolah) dan pendidikan militer di kalangan tentara.
  • Tipe Informal
Tipe ini terdapat di masyarakat atau lingkungan pergaulan yang bersifat kekeluargaan, menyerupai antara teman, sahabat, sesama anggota klub, dan kelompok-kelompok sosial yang ada di dalam masyarakat.

Kedua tipe sosialisasi tersebut di atas tetap mengarah pada pertumbuhan kepribadian anak supaya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungannya. Dalam lingkungan formal menyerupai di sekolah, seorang siswa bergaul dengan sahabat sekolahnya dan berinteraksi dengan guru dan karyawan sekolahnya.

Melalui hal tersebut, ia mengalami proses sosialisasi dan dengan adanya proses soialisasi tersebut, siswa akan disadarkan perihal peranan apa yang harus ia lakukan. Siswa juga dibutuhkan mempunyai kesadaran dalam dirinya untuk menilai dirinya sendiri.

Meskipun proses sosialisasi dipisahkan secara formal dan informal, alhasil sangat sulit untuk dipisah-pisahkan sebab individu biasanya melaksanakan proses sosialisasi formal dan informal secara bersamaan dalam interaksi kesehariannya.

Baca juga: Macam-macam Sosialisasi