Manfaat Sifat-Sifat Gelombang Suara Dalam Kehidupan Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan perihal Bunyi ialah ciri-ciri bunyi, sifat-sifat suara dan sifat-sifat gelombang suara dalam kehidupan insan sehari-hari.

Sifat-sifat gelombang bunyi, menyerupai sifat pemantulan, nada, dan frekuensi ultrasonik, bermanfaat dalam kehidupan manusia. Dengan adanya tangga nada, umat insan menjadi lebih “manusia”.

Nada-nada dilantunkan sebagai lisan pemikiran, motivasi, dan emosi. Dalam dunia kedokteran, frekuensi ultrasonik banyak digunakan.

Mendeteksi adanya tumor, memeriksa otak, hati, dan liver, menghancurkan kerikil ginjal, hingga mendeteksi janin. Tentu kita pernah mendengar apa yang disebut dengan USG (Ultrasonografi) sebagai metode untuk mendeteksi janin.

Walaupun penggunaan gelombang ultrasonik kalah akurat dengan sinar-X (rontgen), namun belum pernah ditemukan hingga dikala ini pengaruh samping dari penggunaan gelombang ultrasonik dibandingkan dengan penggunaan sinar-X.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal Bunyi ialah ciri Manfaat Sifat-sifat Gelombang Bunyi dalam Kehidupan Manusia
Gambar: Mengukur Kedalaman Laut dengan Gelombang Ultrasonik

Penggunaan gotong royong gelombang ultrasonik dan sifat pemantulan dipakai dalam alat yang disebut SONAR (Sound Navigating Ranging) bermanfaat untuk mengukur kedalaman laut, mendeteksi ranjau, kapal tenggelam, letak palung laut, dan letak kelompok ikan.

Selain di laut, di darat pun gelombang ultrasonik sanggup dipakai untuk mendeteksi kandungan minyak dan mineral dalam bumi.