Negara Kepulauan Di Asia Tenggara: Vietnam

Setelah kau mengetahui Negara Malaysia dan Singapura maka pembahasan kali ini akan membahas ihwal negara negara kepulauan di SIA Tenggara, Perekonomian Vietnam, Sejarah Pemerintahahn Negara Vietnam, keadaan alam Vietnam, iklim, Vietnam dan perekonomian Vietnam.


Negara Vietnam


a. Profil Negara

Nama internasional                  : Republik Sosialis Vietnam
Luas wilayah                            : ± 332.559 km2
Ibu kota                                    : Hanoi
Bentuk pemerintahan               : Republik
Hari kemerdekaan                    : 2 September 1945
Kepala negara                          : Presiden
Kepala pemerintahan                : Perdana menteri
Bahasa resmi                             : Vietnam
Mata uang                                  : Dong
Agama lebih banyak didominasi penduduk     : Buddha, Katolik, Kristen, Islam, Tao, Animisme
Motto                                        : Kemerdekaan, kebebasan, kebahagiaan
Lagu Kebangsaan                     : Tien Quanca (barisan Tentara Mulai maju)

b. Sejarah dan Bentuk Pemerintahan Negara Vietnam


Vietnam merupakan negara bekas jajahan Prancis. Semula Vietnam merupakan sebuah negara, kemudian terpecah menjadi dua yaitu menjadi Vietnam Utara yang berhaluan komunis dan Vietnam Selatan berhaluan nonkomunis.

Setelah kau mengetahui Negara Malaysia dan Singapura maka pembahasan kali ini akan membah Negara Kepulauan di ASIA Tenggara: Vietnam
Gambar: Bentang Alam Negara Vietnam
Pada bulan November 1975 diadakan konferensi penyatuan kembali Vietnam. Konferensi tersebut menyetujui penyatuan kembali Vietnam.

Sehubungan hal tersebut tanggal 12 Juli 1976 ditetapkan mulai berlakunya Vietnam menjadi satu negara yaitu Republik Sosialis Vietnam, dan Hanoi ditetapkan sebagai ibu kotanya.

Vietnam yaitu negara ketujuh dari organisasi ASEAN yang masuk pada tanggal 28 juli 1995. Vietnam berbentuk republik sosialis dengan kepala negara seorang presiden dan kepala pemerintahan seorang perdana menteri.

Sedangkan di tingkat provinsi dan distrik pemerintahan dijalankan oleh komite pemerintahan yang dipilih oleh dewan rakyat dan penguasa tertinggi di pemerintahan tingkat daerah.

Tokoh yang populer yaitu Ho Chi Minh. Ibu kota negara Vietnam yaitu Hanoi dan satuan mata uangnya yaitu Dong (D).

c. Keadaan Alam

1) Letak, Luas, dan Batas

Negara Vietnam secara astronomis terletak antara 8OLU – 23OLU dan 102OBT-109OBT. Wilayahnya terletak di potongan timur Asia Tenggara.

Wilayah potongan utara berbatasan dengan RRC, potongan timur dan selatan berbatasan dengan Laut Cina Selatan, di potongan barat berbatasan dengan Teluk Siam, Kamboja, dan Laos. Luas wilayah Vietnam yaitu 32.559 km2.

2) Iklim

Vietnam beriklim tropis. Di potongan tengah dan selatan udaranya panas sepanjang tahun.
Di potongan utara udaranya cuek selama bulan Desember – Maret. Suhu di kawasan selatan
sepanjang tahun rata-rata 28OC, sedangkan di kawasan utara sekitar 30OC.

3) Bentang Alam

Vietnam terlatak di Semenanjung Indocina. Negara itu bergunung-gunung dan memiliki tiga dataran rendah yang luas. Dua pertiga wilayah Vietnam terdiri dari pegunungan dan dataran tinggi. Hanya di sekitar lembah Sungai Merah tanahnya subur.

a) Wilayah Utara

Di wilayah Vietnam potongan utara terdapat banyak gunung. Selain itu, terdapat Tanah Tinggi Tonkin Timur yang ketinggiannya lebih dari 1.000m di atas permukaan air bahari yang dilalui oleh Sungai Song Cay, Sungai Gam, dan Sungai Song Cau.

b) Wilayah Tengah

Di potongan tengah seluruhnya merupakan rangkaian pegunungan yang dinamakan rangkaian Pegunungan Annam.

c) Wilayah Selatan

Di potongan selatan terdapat dataran yang sangat luas, yaitu Delta Sungai Mekong. Sungai Mekong berhulu di Dataran Tinggi Tibet dan merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara (4.160 km).

Ketika mendekati pantai timur sungai itu bercabang-cabang yang masing-masing membentuk delta luas yang membentang dari kota Ho Chi Minh hingga ke Semenanjung Ca Mau.

d) Wilayah Tenggara

Di wilayah ini membujur barisan Pegunungan Annam dengan puncaknya Gunung Ngoc Linh (2.598m) dan Gunung Chu Yang Sin (2.408m). Pegunungan ini kemudian menjadi dataran pantai berpenduduk padat.

d. Penduduk

Jumlah penduduk Vietnam pada tahun 2003 sebanyak 80,8 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan 1,3% per tahun dan kepadatan penduduknya 264 per km2.

Penduduk Vietnam sangat bermacam-macam dengan kelompok terbesar yaitu orang Vietnam yaitu lebih kurang 88% dari seluruh penduduk. Kelompok-kelompok minoritas terdiri atas beberapa kelompok pendatang dan penduduk asli.

Mayoritas penduduk beragama Buddha, lainnya beragama Kristen Roma, Protestan, Islam, Taoisme dan Animisme. Bahasa resminya yaitu bahasa Vietnam, mata uangnya Dong.

Pendidikan di Vietnam sudah tergolong maju, lantaran 44% penduduknya sudah bebas buta huruf, universitas terbaik di Vietnam yaitu Universitas Ho Chi Minh di Hanoi.

e. Perekonomian


1) Sektor pertanian

Hasil pertanian yang terpenting yaitu beras. Hasil pertanian lainnya kopi, teh, gula, jagung, kedelai, kapas, karet, ubi jalar, dan singkong.

2) Sektor Peternakan dan Perikanan

Hasil ternak negara Vietnam terutama kerbau, sapi, babi, dan unggas terus meningkat. Perikanan dipusatkan di Teluk Tonkin dan kawasan penangkapan ikannya di Laut Cina Selatan.

3) Perindustrian

Kota-kota penghasil industri antara lain:

Hanoi : sentra utama pabrik semen, mesin, materi kimia

Haipong : sentra utama gelas, porselin, tekstil

Thai Nguyen : sentra industri besi baja

Nan Dinh : sentra tekstil

Ho Chi Minh City : sentra industri sepeda, rokok, kertas, semen, tekstil, penggilingan padi

Lan Thao : sentra industri superphosfat

Hac Bac : sentra industri nitrogen.

4) Pertambangan

Quang Yen di sebelah utara Hanoi terdapat endapan antrasit yang paling besar di Asia Tenggara. Nong Song (di utara Da Nang) terdapat sedikit endapan kerikil bara.

Bijih besi ditambang dan diolah di Thai Nguyen (di utara Hanoi) dan di kawasan selatan (Thanh Hoa, Vinh, dan Ha Tinh). Barang tambang lain terpenting yaitu fosfat (di Cao Cai), timah (di Tinh Tuc), grafit (di Lao Kay), dan emas (di Bong Meiu).

5) Perdagangan

Ekspor utama negara Vietnam yaitu : beras, karet, kopi, tebu, kerikil bara, bijih logam, semen dan ikan. Sedangkan impornya berupa materi makanan, hasil-hasil industri, minyak, petrokimia, gandum, dan mesin-mesin.

f. Hubungan Bilateral Vietnam dengan Indonesia

Hubungan bilateral antara Vietnam dan Indonesia mencakup kekerabatan diplomatik, ekonomi, transportasi dan perhubungan, sosial budaya dan pendidikan, serta keamanan.

g. Kerja sama Vietnam dengan Indonesia dalam Skala Regional

Indonesia dan Vietnam sama-sama aktif dalam menggalang kolaborasi ASEAN, baik di bidang politik, sosial ekonomi, serta budaya. Selain itu Indonesia dan Vietnam samasama aktif dalam acara SEA Games.