Pemantulan Cahaya Pada Cermin Datar Dan Jumlah Bayangan Serta Sifat Bayangan Pada Cermin Datar

Berikut ini yakni pembahasan wacana pementulan cahaya pada cermin datar yang mencakup Pemantulan Cahaya pada Cermin Datar, sifat Pemantulan Cahaya pada Cermin Datar, jumlah bayangan pada cermin datar, sifat bayangan pada cermin datar, sifat bayangan cermin datar, pembentukan bayangan pada cermin datar.

Pemantulan Cahaya pada Cermin Datar

Pernahkah kau bercermin? Pada cermin kau sanggup melihat bayangan dirimu dan bayangan benda-benda lainnya. Cermin bersifat memantulkan cahaya secara teratur sebab permukaannya bersifat rata dan bening. Bagaimana bayangan pada cermin datar terbentuk?
Berikut ini yakni pembahasan wacana pementulan cahaya pada cermin datar yang mencakup Pe Pemantulan Cahaya pada Cermin Datar dan Jumlah Bayangan serta Sifat Bayangan pada Cermin Datar
Gambar: Pembentukan bayangan pada cermin datar.

Sinar tiba yang mengenai cermin datar akan dipantulkan. Jika sinar tiba tegak lurus terhadap cermin akan dipantulkan tegak lurus cermin.

Pada gambar terlihat bahwa bayangan pada cermin datar merupakan perpanjangan sinarsinar pantulnya. Ketika bercermin, kau sanggup melihat bayangan kau seakan-akan ada di belakang cermin. Namun Bayangan yang menyerupai ini dinamakan bayangan maya.
Bayangan maya adalah bayangan yang terbentuk oleh perpanjangan garis pantul dan tidak sanggup ditangkap layar. Adapun bayangan nyata yakni bayangan yang terbentuk oleh pertemuan dua atau lebih sinar pantul, bayangan faktual bersifat sanggup ditangkap layar.
Perhatikan kembali dikala kau sedang bercermin. Ternyata arah bayangan yang dibuat oleh cermin berkebalikan dengan keadaan sebenarnya.

Misalnya, tangan kananmu yang sedang memegang sisir menjadi tangan kiri pada bayangan, dan sebaliknya. Dapatkah kau menjelaskan mengapa terjadi demikian?

Sifat bayangan pada cermin datar

Sifat bayangan yang dibuat oleh cermin datar yakni sebagai berikut.
  1. sama besar
  2. tegak
  3. berkebalikan
  4. jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin
  5. maya

Jumlah bayangan pada cermin datar

Bagaimana jumlah bayangan yang dibuat oleh dua cermin datar? Jika terdapat dua buah cermin datar yang membentuk sudut α , maka banyaknya bayangan yang dibuat dirumuskan oleh persamaan sebagai berikut.


Keterangan:
n = banyaknya bayangan yang dibentuk
α = sudut antara dua cermin

Contoh soal:
1. Seberkas sinar tiba mengenai cermin dan dipantulkan. Jika sudut antara sinar tiba dan cermin membentuk sudut 30°, hitunglah sudut datangnya!

Jawab:
Sudut tiba yakni sudut yang dibuat oleh sudut tiba dan garis normal.
Sudut tiba = 90° – 30° = 60°
Jadi, sudut datangnya yakni 60°.

2. Dua cermin diatur sehingga membentuk sudut 60°. Berapa jumlah bayangan yang terbentuk bila di antara dua cermin diletakkan satu buah benda?

Jawab:
α = 60°
n = 360°:α − 1 = 6 − 1 = 5
Jadi, ada 5 bayangan yang terbentuk.