Pengaruh Dan Dampak Kepadatan Penduduk Dan Ledakan Penduduk Terhadap Lingkungan

Berikut ini yaitu pembahasan wacana dampak ledakan penduduk, dampak kepadatan penduduk, efek kepadatan populasi insan terhadap lingkungan, dampak kepadatan penduduk terhadap lingkungan, akhir kepadatan penduduk, efek kepadatan penduduk terhadap lingkungan, efek kepadatan populasi terhadap lingkungan, dampak pertumbuhan penduduk.

Dampak Kepadatan Penduduk

Jumlah penduduk yang besar mengakibatkan kebutuhan hidup juga besar serta mengakibatkan ruang gerak yang sangat terbatas. Kebutuhan hidup yang besar kalau tidak sanggup terpenuhi akan mengakibatkan kemiskinan, kemerosotan kesejahteraan, dan dampak sosial yang lain.

Selain itu, ledakan penduduk juga kuat jelek terhadap lingkungan, contohnya pencemaran tanah, air, dan udara.

Berikut ini akan kalian pelajari lebih lanjut wacana dampak ledakan penduduk terhadap persediaan air dan udara bersih, serta kebutuhan pangan dan lahan.

1. Dampak Negatif Ledakan Penduduk terhadap Persediaan Air Bersih

Air merupakan sumber daya alam yang mutlak diharapkan bagi kehidupan. Jumlah air di bumi ini tetap. Sementara itu, jumlah penduduk makin bertambah dari tahun ke tahun.

Dua hal yang bertolak belakang ini tentu akan menimbulkan duduk masalah yang cukup serius kalau persediaan air higienis sangat terbatas.

Bertambahnya jumlah penduduk tentu mengakibatkan semakin meningkat pula kebutuhan hidupnya. Berbagai industri mulai bermunculan untuk memenuhi kebutuhan insan contohnya industri pangan, pakaian, obat-obatan, hiburan, dan sebagainya.

Kegiatan industri ini membutuhkan air yang cukup banyak. Coba bayangkan kita harus berebut air higienis dengan mesin-mesin industri.

Bukan hanya itu, distribusi air yang secara geografis tidak merata ditambah distribusi kepadatan penduduk yang tidak merata pula, terperinci akan menimbulkan ketidakseimbangan persediaan dan kebutuhan akan air yang sulit diatasi.

Bagaimana cara mengatasi kebutuhan air pada suatu wilayah? Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu memperkirakan jumlah air yang dipakai oleh setiap orang dalam seharinya. Bagaimana kebutuhan air higienis penduduk desa kalian?

2. Dampak Ledakan Penduduk terhadap Persediaan Udara Bersih

Dalam satu hari kita menghirup dan mengeluarkan udara sebanyak 13.630 liter. Pada ketika menghirup udara kita membutuhkan udara yang bersih. Udara dikatakan higienis kalau mengandung cukup oksigen.

Oksigen dihasilkan oleh tumbuhan hijau melalui proses fotosintesis. Jadi, tumbuhan hijau merupakan penyuplai oksigen bagi makhluk hidup. Selain itu, tumbuhan hijau juga sanggup menurunkan kadar karbon dioksida di udara.

Kebersihan udara tidak semata-mata ditentukan oleh kadar oksigen saja. Di udara terkandung pula gas-gas lain, menyerupai karbon dioksida (CO2), oksida sulfur (SOx), dan oksida nitrogen (NOx).

Bila kandungan gas-gas ini meningkat, udara menjadi tidak higienis lagi atau udara mengalami pencemaran.

Bertambahnya pemukiman, daerah industri, serta alat transportasi yang memakai materi bakar bensin atau solar, menciptakan kadar CO2 di udara semakin tinggi. Gas CO2 berasal dari pembakaran yang dilakukan insan dan hasil respirasi makhluk hidup.

Kegiatan industri juga akan mengakibatkan terjadinya pencemaran udara alasannya yaitu menghasilkan zat-zat sisa pembakaran yang tidak sempurna, menyerupai SOx dan NOx.

Hal itu menciptakan langkanya udara higienis di kota-kota. Sebaliknya, udara kotor semakin banyak dijumpai. Udara kotor sanggup menimbulkan banyak sekali penyakit pernapasan.

3. Dampak Ledakan Penduduk terhadap Kebutuhan Pangan

Dalam buku karyanya yang berjudul Essay on the Principle of Population, Thomas Robert Maltus menulis:
”Bahan pangan berperan penting dalam kehidupan manusia. Pertumbuhan penduduk jauh lebih cepat daripada pertumbuhan pangan. Pertumbuhan penduduk mengikuti deret ukur, sedangkan pertambahan materi masakan mengikuti deret hitung”.
Pernyataan di depan menawarkan bahwa pertumbuhan penduduk lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan pangan. Semakin tinggi pertumbuhan penduduk, semakin tinggi pula kebutuhan pangan.

Apabila pertumbuhan penduduk tidak dikendalikan, persediaan pangan tidak akan bisa mencukupi kebutuhan penduduk. Hal ini sanggup mengakibatkan terjadinya ancaman kelaparan.

Selain itu, penduduk juga akan mengalami berkurangnya gizi. Kekurangan gizi mengakibatkan daya tahan badan seseorang menurun sehingga gampang terjangkit penyakit.

Kekurangan gizi yang berlangsung dalam waktu relatif usang sanggup menurunkan kualitas manusia. Oleh alasannya yaitu itu, perlu adanya perjuangan pemenuhan kebutuhan pangan penduduk. Usaha-usaha tersebut contohnya meningkatkan produksi pertanian dan peternakan.

Dengan demikian, pertumbuhan penduduk sanggup diiringi dengan peningkatan produksi pangan. Grafik di samping ini menawarkan korelasi antara jumlah penduduk dengan jumlah kebutuhan pangan.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana dampak ledakan penduduk Pengaruh dan Dampak Kepadatan Penduduk dan Ledakan Penduduk Terhadap Lingkungan
Grafik: Grafik korelasi antara jumlah penduduk dengan jumlah kebutuhan pangan

4. Dampak Ledakan Penduduk terhadap Ketersediaan Lahan

Kepadatan penduduk yang tinggi menjadikan sulitnya mendapat kemudahan pemukiman yang layak. Rumah-rumah penduduk saling berdekatan dan berdempetan sehingga ruang gerak menjadi terbatas.

Mereka yang tidak mempunyai tempat tinggal terpaksa mendirikan gubuk liar. Para penghuni gubuk liar ini umumnya kurang sanggup menjaga kebersihan lingkungan.

Gubuk-gubuk itu biasanya didirikan di tepi-tepi sungai yang memang sudah tidak sehat. Akibatnya, timbul pencemaran lingkungan berupa sampah menggunung, air sungai tergenang, dan udara berbau tidak sedap.

Selain itu, dengan didirikannya gubuk-gubuk liar di sepanjang tepian sungai serta sampah yang menggunung akan menghambat anutan sungai.

Akibatnya, ketika isu terkini hujan sungai akan meluap sehingga terjadi banjir. Hal ini terlihat terperinci di daerah sekitar sungai Ciliwung di ibu kota Jakarta yang selalu terendam banjir kalau isu terkini hujan tiba.

Kalian telah mengetahui masalah-masalah dalam kependudukan beserta dampak-dampaknya. Sebagai warga negara yang baik, sebaiknya kalian ikut berpartisipasi dalam mengatasi masalah-masalah tesebut.

Misalnya saja dengan menghemat penggunaan sumber daya alam menyerupai penggunaan air bersih. Kalian bisa memakai air higienis sesuai kebutuhan. Dengan demikian, ketersediaan air higienis sanggup tetap terjaga.