Pengertian Dan Macam-Macam Bentuk Proses Sosial Disosiatif

Berikut ini yaitu pembahasan wacana Proses Sosial Disosiatif, pengertian Proses Sosial Disosiatif, macam macam Proses Sosial Disosiatif, kekerabatan sosial disosiatif, pengertian kekerabatan sosial disosiatif, interaksi sosial disosiatif.

Pengertian Proses Sosial Disosiatif

Interaksi sosial disosiatif merupakan jenis-jenis interaksi sosial dimana interaksi sosial terbagi dua yakni interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disosiatif, sebelumnya telah dibahas wacana pengertian interaksi sosial asosiatif dan kali ini kita akan membahas wacana interaksi sosial disosiatif.
Interaksi sosial disosiatif yaitu proses sosial yang menjurus ke konflik atau masalah, yang menimbulkan kerenggangan dalam berinteraksi, dan biasa juga disebut proses oposisi.

Macam-macam Bentuk Proses Sosial Disosiatif

 Interaksi sosial disosiatif mencakup tiga bentuk yaitu persaingan (kompetisi), kontravensi, dan pertentangan
  1. Persaingan (Kompetisi). Persaingan yaitu suatu interaksi sosial yang terjadi sebab individu atau kelompok saling bersaing. 
  2. Pertentangan (Kontravensi). Kontravensi yaitu suatu bentuk interaksi sosial ditandai dengan adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang atau sesuatu yang ada dalam perasaan yang tak sanggup disembunyikan.