Pengaruh Serta Laba Letak Geografis Dan Astronomis Indonesia

Berikut ini ialah pembahasan ihwal letak Indonesia yang mencakup letak geografis indonesia, letak astronomis indonesia, imbas letak geografis indonesia, imbas letak astronomis indonesia, letak indonesia secara geografis, letak indonesia secara astronomis, laba letak geografis indonesia, laba letak astronomis indonesia, akhir letak geografis indonesia, kondisi geografis indonesia, posisi geografis indonesia, akhir letak astronomis indonesia.

Letak Geografis Indonesia

Tahukah Anda apa yang dimaksud lekat geografis? Apakah pengertian letak geografis suatu wilayah?
Letak geografis suatu wilayah ialah keberadaan posisi wilayah tersebut sesuai dengan bentuk dan letaknya di bumi. 
Untuk melihat letak wilayah Indonesia secara geografis, sanggup dilihat pada peta dunia sebagai berikut.
Berikut ini ialah pembahasan ihwal letak Indonesia yang mencakup letak geografis indone Pengaruh serta Keuntungan Letak Geografis dan Astronomis Indonesia
Peta: Letak Indonesia secara Geografis

Berdasarkan gambar di atas sanggup diketahui bahasa dilihat secara geografis, wilayah Indonesia terletak pada posisi yang strategis dan menguntungkan lantaran beberapa alasan sebagai berikut:

  1. Secara geografis Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia.
  2. Secara geografis Indonesia terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

Beberapa laba yang diperoleh menurut letak geografis Indonesia, antara lain sebagai berikut.

  1. Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra memungkinkan menjadi persimpangan kemudian lintas dunia, baik kemudian lintas udara maupun laut.
  2. Indonesia sebagai titik persilangan acara perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang. Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Karena letak geografisnya pula Indonesia menerima pengaruh banyak sekali kebudayaan dan peradaban dunia, serta secara alami dipengaruhi oleh angin musim. 

Sekitar bulan Oktober-April angin bertiup dari Asia ke Australia yang membawa banyak uap air dari Samudra Pasifik sehingga mengakibatkan animo hujan.

Sekitar bulan April-Oktober angin bertiup dari Australia ke Asia yang sedikit membawa uap air dari Samudra Hindia sehingga mengakibatkan animo kemarau.

Pengaruh animo tersebut di atas mengakibatkan Indonesia menjadi negara agraris terkemuka. Pertanian di Indonesia maju pesat dan banyak menghasilkan beras, jagung, sayur-sayuran, buah-buahan, karet, kopi, gula, tembakau, dan lain-lain yang sangat mempunyai kegunaan bagi kemakmuran dan keberlangsungan penduduk Indonesia, secara ekonomi pun menjadi peluang untuk berperan serta dalam perdagangan internasional.

Letak geografis Indonesia mempunyai imbas terhadap aspek ekonomi, aspek sosial, dan aspek budaya.

a. Pengaruh aspek ekonomi

Sebagai bangsa yang hidup di wilayah persimpangan acara perekonomian dunia, Indonesia tentu akan terlibat dalam acara tersebut.

Keikutsertaannya akan memberi dampak yang aktual bagi negara dalam rangka meningkatkan prokdutivitas ekonomi dan menambah sumber-sumber pembiayaan bagi pembangunan nasional.

b. Pengaruh sosial

Letak Indonesia kuat juga terhadap bidang sosial. Letaknya yang strategis memudahkan bangsa Indonesia berafiliasi dengan bangsa-bangsa lain sehingga proses interaksi sosial lebih dinamis.

c. Pengaruh kebudayaan

Wilayah Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan bahari merupakan satu kesatuan yang tidak sanggup dipisahkan.

Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan. Keragaman tersebut menjadi kekhasan dan daya tarik tersendiri bagi pihak-pihak luar serta memperkaya kebudayaan nasional.

Letak Astronomis Indonesia

Apakah pengertian letak astronomis suatu wilayah?
Letak astronomis ialah letak suatu wilayah dipandang dari kedudukan garis lintang dan garis bujur. 
Berikut ini ialah pembahasan ihwal letak Indonesia yang mencakup letak geografis indone Pengaruh serta Keuntungan Letak Geografis dan Astronomis Indonesia
Peta: Letak Indonesia secara Astronomis

Letak wilayah Indonesia dari segi astronomis ialah di antara 6ºLU-11ºLS dan antara 95º BT- 141ºBT. Berdasarkan letak tersebut, Indonesia mempunyai iklim tropis. 
Dengan posisi wilayah Indonesia berada di antara garis lintang dan garis bujur, maka wilayah Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa. 
Garis khatulistiwa ialah garis khayal keliling bumi, terletak melintang pada nol derajat yang membagi bumi menjadi dua pecahan yang sama, yaitu Belahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Selatan. 
Beberapa tempat atau wilayah Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa antara lain Bonjol (Sumatra Barat), Pontianak (Kalimantan Barat), Tambu (Sulawesi Tengah), dan Halmahera (Maluku).

Pengaruh dan Keuntungan Letak Astronomis Indonesia

Letak astronomis wilayah Indonesia sangat kuat terhadap keadaan iklim yang sangat menguntungkan, ibarat cukup menerima air hujan, cukup memperoleh cahaya matahari sepanjang tahun, dan angin yang bertiup rata-rata berkecepatan sedang.

Suhu udara pun tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Suhu udara rata-rata di Indonesia sebesar 26ºC mengakibatkan beberapa hal berikut ini:

a. Terjadinya hujan zenithal, yaitu hujan yang disebabkan oleh naiknya udara yang mengandung uap air ke angkasa secara tegak.

Selanjutnya, mengalami kondensasi lantaran pendinginan temperatur karenanya turun menjadi hujan. Naiknya udara tersebut lantaran adanya pemanasan di atas permukaan bumi sehingga udara membumbung ke atas.

b. Batu-batuan lebih cepat melapuk.

c. Adanya banyak sekali macam tumbuhan dan binatang yang hidup di kawasan tropis.

d. Adanya perilaku tertentu dari penduduk untuk menghadapi suhu udara tropis ibarat tecermin pada perumahan, pakaian, dan mata pencaharian.