Pengertian, Ciri-Ciri Dan Macam-Macam Pembagian Terstruktur Mengenai Arthopoda Beserta Contohnya

Berikut ini ialah pembahasan ihwal filum arthropoda, yang mencakup pembagian terstruktur mengenai arthopoda, pengertian filum arthropoda, pembagian terstruktur mengenai filum arthropoda, macam macam filum arthropoda, teladan filum arthropoda, pembagian terstruktur mengenai belalang, ciri ciri arthropoda, binatang arthropoda, teladan arthropoda, ciri ciri filum arthropoda, teladan binatang arthropoda, ciri ciri binatang arthropoda, struktur tubuh arthropoda.

Pengertian Arthopoda

Arthropoda adalah binatang dengan kaki beruas-ruas, berukuku dan bersegmen. Istilah Arthropoda berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu arthro yang berarti ruas dan podos yang berarti kaki. Arthropoda merupakan binatang tripoblastik selomata dan bilateral simetris. 
Tubuh Arthropoda terdiri dari kepala, dada, dan abdomen yang keseluruhan dibungkus oleh zat kitin dan kerangka luar (eksoskeleton).  Umumnya diantara ruas-ruas terdapat bab yang tidak mempunyai zat kitin sehingga ruas-ruas tersebut gampang untuk digerakkan. Di waktu tertentu kulit dan tubuh Arthropoda mengalami pergantian kulit (eksdisis). (Artikelsiana.com)

Ciri-ciri Arthopoda

Diantara karakteristik atau ciri-ciri dari binatang arthopoda adalah;
1. Memiliki 3 bab tubuh utama yaitu tubuh bersegmen (ruas), rangka luar (eksoskeleton) yang keras, dan ekor.
2. Tubuh dibungkus oleh kutikula sebagai rangka luar yang terbuat dari protein dan kitin.
3. Esoskleten bersifat kaku dan keras dan sanggup mengalami pergantian pada kurun waktu tertentu yang disebut eksidisis.
4. Ukuran tubuh bervariasi.
5. Bentuk tubuh simetris bilateral.
6. Sifat hidup: parasit, heterotropik, dan hidup secara bebas.
7. Alat pernapasan: Trakea, insang, dan paru-paru (berbuku)
8. Alat pencernaan lengkap (mulut, kerongkongan, usus, dan anus)
9. Bereproduksi secara seksual dan aseksual.
10. Sistem saraf berupa tangga tali dan alat peraba berupa antena
11. Hidup di darat, air tawar dan laut.
12. Sistem peredaran darah terbuka, darah tidak memilikik hemoglobin.

Macam-macam Kalsifikasi Arthopoda Beserta Contohnya

Arthropoda artinya binatang dengan kaki berbuku-buku. Hewan ini mempunyai rangka luar yang terbuat dari zat kitin. Tubuh Arthropoda terdiri atas kepala, dada, dan perut. Arthropoda dikelompokkan lagi menjadi empat golongan sebagai berikut.

1) Kelas Arachnida

Arachnida mempunyai tubuh yang terdiri atas chepalotoraks (kepala dan dada menjadi satu) dan abdomen. Hewan ini tidak mempunyai antena. Kakinya berjumlah empat pasang. Contoh anggota Arachnida yaitu kutu, laba-laba, dan kalajengking.
Berikut ini ialah pembahasan ihwal filum arthropoda Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya
Gambar: Contoh Anggota Arachnida

2) Kelas Crustacea

Crustacea mempunyai tubuh yang terdiri atas chepalotoraks dan abdomen serta mempunyai dua pasang antena. Hewan ini mempunyai empat pasang kaki jalan yang terletak di abdomen.

Selain itu, Crustacea mempunyai sepasang kaki jalan yang berubah fungsi menjadi kaki penjepit di chepalotoraks. Contoh anggota Crustacea yaitu udang dan kepiting.
Berikut ini ialah pembahasan ihwal filum arthropoda Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya
Gambar: Contoh Anggota Crustacea

3) Kelas Myriapoda

Tubuh binatang ini terdiri atas caput dan abdomen. Myriapoda mempunyai tubuh gepeng dan beruas-ruas. Tiap ruas tubuh terdapat satu pasang atau dua kaki. Contoh anggota Myriapoda: lipan dan kaki seribu.
Berikut ini ialah pembahasan ihwal filum arthropoda Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya
Gambar: Contoh Anggota Myriapoda

4) Kelas Insecta

Tubuh Insecta terdiri atas caput, toraks, dan abdomen. Di bab kepala terdapat sepasang antena sebagai alat peraba, dua pasang mata majemuk, dan mulut. Hewan ini mempunyai tiga pasang kaki sehingga disebut hexapoda. Contoh anggota Insecta: kupu-kupu, lalat, dan semut.
Berikut ini ialah pembahasan ihwal filum arthropoda Pengertian, Ciri-ciri dan Macam-macam Klasifikasi Arthopoda beserta Contohnya
Gambar: Contoh Anggota Insecta

Demikian pembahasan ihwal filum arthropoda, yang mencakup pembagian terstruktur mengenai arthopoda, pengertian filum arthropoda, pembagian terstruktur mengenai filum arthropoda, macam macam filum arthropoda, teladan filum arthropoda, pembagian terstruktur mengenai belalang, ciri ciri arthropoda, binatang arthropoda, teladan arthropoda, ciri ciri filum arthropoda, teladan binatang arthropoda, ciri ciri binatang arthropoda, struktur tubuh arthropoda.