Pengertian Dan Macam-Macam Jenis Pola Kebutuhan Manusia

Pada artikel kali ini kita akan membahas materi ihwal kebutuhan insan mencakup pengertian kebutuhan, macam-macam kebutuhan manusia, jenis-jenis kebutuhan manusia, pengertian kebutuhan primer, referensi kebutuhan primer, pengertian kebutuhan sekunder, referensi kebutuhan sekunder, referensi kebutuhan tersier, pengertian kebutuhan jasmani, referensi kebutuhan jasmani, pengertian kebutuhan rohani, referensi kebutuhan rohani, referensi kebutuhan individu, dan referensi kebutuhan kelompok.

Kebutuhan Manusia

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana insan memenuhi kebutuhan hidupnya. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) upaya insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya pun semakin berkembang sehingga ilmu ekonomi pun semakin bermetamorfosis ilmu modern yang banyak memperlihatkan manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia.

Dalam ilmu ekonomi, kita ketahui bahwa terdapat ketidak seimbangan antara jumlah alat pemuas kebutuhan dengan banyaknya kebutuhan manusia. Dengan kata lain, terdapat kelangkaan (scarcity) sumber daya sebagai alat pemenuhan kebutuhan insan sehingga dibutuhkan keterampilan menentukan dan menentukan skala prioritas kebutuhan.

Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan yaitu sejumlah harapan insan yang harus dipenuhi dan jikalau tidak terpenuhi sanggup menjadikan efek negatif bagi keberlangsungan hidupnya. 
Kebutuhan insan sangat banyak dan beraneka ragam. Secara umum sanggup dikelompokkan menurut intensitas, sifat, waktu, wujud, dan subjeknya.

1. Kebutuhan menurut intensitasnya, 

dikelompokkan menjadi berikut ini.
  1. Kebutuhan primer yaitu kebutuhan utama yang harus dipenuhi sebelum memenuhi kebutuhan yang lain, contoh: kebutuhan akan makanan, pakaian, dan rumah.
  2. Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan tambahan yang gres akan dipenuhi jikalau kebutuhan primer sudah terpenuhi, contoh: kebutuhan rekreasi atau barang tambahan menyerupai TV, radio, sepeda motor.
  3. Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang sifatnya lebih kepada kesenangan yang akan dipenuhi jikalau kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi, contoh: membeli kendaraan beroda empat mewah, liburan ke luar negeri, membangun vila untuk daerah peristirahatan keluarga.

2. Kebutuhan menurut sifatnya,

dikelompokkan menjadi berikut ini.
  1. Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang sanggup dipenuhi oleh benda-benda secara fisik atau lahiriah, contoh: kebutuhan akan makan, minum, tidur, olahraga
  2. Kebutuhan rohani yaitu kebutuhan yang dipenuhi untuk tuntutan jiwa/rohani tidak secara fisik, contoh: kebutuhan siraman agama, kebutuhan pendidikan, rekreasi, dan mendengar musik.

3. Kebutuhan menurut waktunya, 

dikelompokkan berikut ini.
  1. Kebutuhan kini yaitu kebutuhan yang harus segera dipenuhi kini juga dan tidak sanggup ditunda, contoh: obat untuk orang sakit.
  2. Kebutuhan yang akan tiba yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan kini dengan tujuan untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pada masa yang akan datang, contoh: menabung untuk hari tua, asuransi.

4. Kebutuhan menurut wujudnya, 

dikelompokkan berikut ini.
  1. Kebutuhan material/berwujud yaitu kebutuhan terhadap barang-barang yang sifatnya sanggup dirasakan oleh panca indra, contoh: makanan, pakaian, rumah.
  2. Kebutuhan immaterial yaitu kebutuhan terhadap barang-barang yang sifatnya tidak sanggup dirasakan bentuk fisiknya, contoh: liburan, rekreasi, mendengarkan musik.

5. Kebutuhan menurut subjeknya, 

dikelompokkan berikut ini.
  1. Kebutuhan individu yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan oleh seseorang secara pribadi, contoh: kebutuhan masakan tertentu, kebutuhan obat tertentu, kebutuhan kacamata.
  2. Kebutuhan kelompok yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan secara bersama oleh kelompok tertentu, contoh: kebutuhan akan daerah ibadah, kebutuhan kebersihan lingkungan.

Lihat juga: Manusia Sebagai Makhluk Sosial