Pengertian Dan Macam-Macam Jenis Zat Adiktif, Narkoba, Narkotika Dan Psikotropika Beserta Misalnya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal Zat Adiktif dan Psikotropika yang mencakup pengertian zat adiktif, pengertian psikotropika, pengertian narkotika, macam macam zat adiktif, macam macam psikotropika, macam macam narkotika, rujukan narkotika, rujukan zat adiktif, rujukan psikotropika, jenis jenis zat adiktif, jenis jenis psikotropika, jenis jenis narkotika.

Zat Adiktif dan Psikotropika

Tahukah kau bahwa zat adiktif dan psikotropika tergolong narkoba?

Pengertian Narkoba

Narkoba (singkatan dari narkotika, psikotropika, dan materi adiktif berbahaya lainnya). Narkotika berasal dari bahasa Inggris yaitu narcotics yang berarti obat bius.
Narkoba adalah bahan/zat yang kalau dimasukkan dalam badan manusia, baik secara oral/diminum, dihirup, maupun disuntikkan, sanggup mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan, dan sikap seseorang. 
Narkoba sanggup mengakibatkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Narkotika dalam bahasa Yunani disebut narkose yang artinya beku, lumpuh, dan dungu.
Gambar: Contoh Narkoba

Pengertian Narkotika

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tumbuhan atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang sanggup mengakibatkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan sanggup mengakibatkan ketergantungan (Undang-Undang No. 22 tahun 1997). 

Macam-macam Jenis Contoh Narkotika

Yang termasuk jenis narkotika ialah tumbuhan papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium, morfin, kokain, ekgonin, tumbuhan ganja, dan damar ganja.

Pengertian Zat Adiktif

Zat adiktif ialah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang sanggup mengakibatkan ketagihan dan ketergantungan bagi pemakainya. 
Zat adiktif ini biasa digunakan sebagai pengganti morfin atau kokain yang sanggup mengganggu sistem saraf pusat.

Macam-macam Jenis Contoh Zat Adiktif

Kelompok yang termasuk zat adiktif ini antara lain rokok, minuman keras, serta alkohol yang mengandung etil etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut) berupa zat organik (karbon) yang menghasilkan imbas yang sama dengan yang dihasilkan oleh minuman yang beralkohol atau obat anaestetik kalau aromanya dihisap, ibarat lem/perekat, aseton, dan eter.

Pengertian Psikotropika

Zat psikotropika ialah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berguna psikoaktif melalui dampak selektif pada susunan saraf sentra yang mengakibatkan perubahan pada kegiatan mental dan sikap (Undang-Undang No. 5/1997). 

Macam-macam Jenis Contoh Psikotropika

Zat yang termasuk psikotropika antara lain sedatin (Pil BK), rohypnol, magadon, valium, mandarax, amfetamin, fensiklidin, metakualon, metifenidat, fenobarbital, flunitra-zepam, ekstasi, shabu-shabu, dan LSD (Lycergic Alis Diethyl-amide).