Pengertian Dan Macam-Macam Pola Tindakan Ekonomi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini ialah pembahasan wacana tindakan ekonomi yang mencakup tindakan ekonomi, pengertian tindakan ekonomi, referensi tindakan ekonomi, referensi tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari hari, macam macam tindakan ekonomi, jenis jenis tindakan ekonomi, tindakan ekonomi rasional.

Pengertian Tindakan Ekonomi

Apakah yang dimaksud dengan tindakan ekonomi?
Tindakan ekonomi adalah tindakan insan yang didorong oleh perjuangan memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai kemakmuran.
Tindakan ekonomi adalah sebuah istilah yang mengacu pada setiap perjuangan insan yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik, dan paling menguntungkan. 
Misalnya: Ibu memasak dengan kayu bakar sebab harga minyak tanah sangat mahal. Tindakan ekonomi terdiri atas dua aspek, yaitu :
  • Tindakan ekonomi Rasional, setiap perjuangan insan yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan, dan kenyataannya demikian.
  • Tindakan ekonomi Irrasional, setiap perjuangan insan yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.

Pelaku dari tindakan ekonomi

  1. Perorangan; Adalah tindakan perorangan untuk memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk ekonomi tanpa melupakan dirinya sebagai makhluk sosial.
  2. Lembaga masyarakat; Adalah tindakan ekonomi yang dilakukan oleh semua bentuk organisasi masyarakat baik berupa perkumpulan, yayasan, perusahaan atau yang lainnya.
  3. Pemerintah; Adalah tindakan ekonomi yang dilakukan oleh forum negara atau pemerintah untuk memenuhi kebutuhan negara dan rakyatnya.
  4. Antarnegara; Adalah tindakan ekonomi yang dilakukan oleh dua negara atau lebih guna meningkatkan kemakmuran warga negara dan bangsa yang bersangkutan.

Pengelompokan tindakan ekonomi

  1. Kegiatan produksi ialah acara produksi ialah acara untuk menambah nilai guna suatu barang guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Orang atau forum yang melaksanakan acara produksi disebut produsen.
  2. Kegiatan distribusi ialah suatu proses penyebarluasan hasil produksi biar hingga kepada konsumen. Dengan kata lain, distribusi ialah penyaluran barang/jasa dari produsen ke konsumen. Orang atau forum yang melaksanakan acara distribusi disebut distributor. Tujuan dari distribusi ialah menyeimbangkan antara kawasan surplus dengan kawasan minus barang atau jasa. Supaya acara distribusi sesuai dengan yang diharapkan, maka perlu diperhatikan ketepatan waktu, ketepatan sasaran, dan keutuhan barang atau jasa.
  3. Kegiatan konsumsi ialah acara untuk menggunakan, memakai, atau menikmati barang dan jasa secara berangsur-angsur atau habis sekali pakai. Konsumsi juga sanggup didefinisikan sebagai acara mengurangi nilai guna suatu barang/jasa.Orang atau forum yang melaksanakan acara konsumsi disebut konsumen.

Ilmu ekonomi intinya merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana insan memenuhi kebutuhannya dengan sumber daya yang langka. Oleh sebab itu, inti duduk kasus dalam ilmu ekonomi ialah adanya kelangkaan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Konsep kelangkaan dalam ilmu ekonomi diartikan sebagai suatu keadaan ketika insan ingin mengonsumsi suatu barang atau jasa lebih banyak daripada jumlah barang dan jasa yang tersedia.

Dengan demikian, kelangkaan bukan berarti barang tersebut tidak ada, melainkan adanya kesenjangan antara kebutuhan dan jumlah barang yang tersedia.

Kelangkaan dalam ilmu ekonomi sanggup diartikan juga ketersediannya tidak memenuhi kebutuhan yang ada sehingga untuk memperoleh barang dan jasa tersebut dibutuhkan pengorbanan.

Kebutuhan Manusia Tidak Terbatas

Adapun yang dimaksud dengan kebutuhan ialah semua impian insan yang menuntut untuk dipenuhi. Tidak terbatasnya kebutuhan insan dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, di antaranya yaitu:
  1. jumlah insan yang semakin bertambah;
  2. kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  3. tingkat pendidikan;
  4. tingkat pendapatan;
  5. sifat insan yang tidak pernah puas.

Contoh Tindakan Ekonomi dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang mempunyai kebutuhan yang beranekaragam, bergantung pada faktor sosial budaya, ekonomi, dan tingkat pendidikannya. Upaya setiap orang dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya disebut sebagai tindakan ekonomi.

Adapun referensi tindakan ekonomi yang sanggup kau lihat dalam kehidupan sehari-hari di antaranya sebagai berikut.
  1. Setiap pagi Bu Diana membeli sayuran untuk keperluan makan siang keluarganya.
  2. Karena lapar, Susi membeli sepotong Roti ketika datang jam istirahat di sekolahnya.
  3. Setiap pergi, Diki naik angkot dari rumah menuju sekolahnya dengan membayar ongkos Rp. 500,00.
Baca juga: Alokasi Sumber Daya dan Biaya Peluang