Pengertian, Fungsi Dan Jenis Uang Berdasarkan Para Ahli

Pembahasan kali ini membahas wacana pengertian fungsi dan jenis uang, syarat-syarat uang, fungsi dan jenis uang, pengertian dan fungsi uang, fungsi dan misalnya dan menjelaskan pengertian fungsi dan jenis uang Pengertian Uang

Uang

Uang ketika ini merupakan salah satu unsur yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Uang merupakan segala sesuatu yang diterima oleh masyarakat sebagai alat mediator dalam melaksanakan tukar-menukar atau perdagangan. 

Uang sanggup diterima secara umum sebagai alat pembayaran suatu wilayah tertentu, alat pembayaran utang, dan alat melaksanakan pembelian barang dan jasa. Uang mempunyai beberapa manfaat, baik dari segi peserta maupun pembayar. 

Manfaat Uang 

  1. Mempermudah dalam memperoleh dan menentukan barang dan jasa yang diinginkan.
  2. Mempermudah dalam menentukan nilai atau harga barang dan jasa.
  3. Memperlancar proses perdagangan secara luas.
  4. Dapat dipakai untuk menyimpan kekayaan.

Mengingat pentingnya peranan dan manfaat uang dalam perekonomian, uang harus mempunyai syarat-syarat khusus dalam penggunaannya.
Pembahasan kali ini membahas wacana pengertian fungsi dan jenis uang Pengertian, Fungsi dan Jenis Uang Menurut Para Ahli
Fungsi Uang


Syarat-syarat Uang

  1. Dapat diterima secara umum (acceptability);
  2. Memiliki nilai yang cenderung stabil (stability of value);
  3. Ringan dan gampang dibawa (portability);
  4. Tahan usang (durability);
  5. Kualitas cenderung sama (uniformity);
  6. Jumlah terbatas dan tidak gampang dipalsukan (scarcity); serta
  7. Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai (divisibility).

Fungsi Uang

Seiring dengan perkembangan zaman uang telah berubah fungsi dari sekadar alat tukar menjadi fungsi lain yang lebih luas. Uang mempunyai banyak sekali fungsi sebagai berikut.

1) Alat Tukar-menukar

Sebagai alat tukar-menukar, uang dipakai untuk membeli atau menjual barang maupun jasa. Dalam hal ini uang sanggup dipakai untuk membayar barang dan jasa yang dibeli atau diterima alasannya ialah menjual barang dan jasa.

2) Sebagai Satuan Hitung

Sebagai satuan hitung, uang dipakai untuk menentukan nilai atau harga barang dan jasa. Dengan fungsi ini pertukaran barang dan jasa lebih gampang dilakukan alasannya ialah nilai atau harga barang dan jasa terang satuan pengukurannya.

Selain itu, uang sebagai satuan hitung juga mempermudah keseragaman satuan hitung dan memperbandingkan harga satu barang dengan barang lain.

3) Alat Pembayaran yang Sah

Uang dipakai sebagai alat pembayaran yang diakui oleh seluruh masyarakat. Akan tetapi, tidak semua orang bebas membuat uang.

Ada pihak tertentu yang berwenang secara resmi mengeluarkan uang. Di Indonesia uang sebagai alat pembayaran yang sah dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

4) Alat Penyimpan Kekayaan

Dengan menyimpan uang berarti kita menyimpan atau menimbun kekayaan. Uang yang disimpan sanggup berbentuk uang tunai atau dalam bentuk rekening di bank.

Bahkan kekayaan berupa tanah, rumah, emas, dan gedung sanggup dipindah kepemilikannya dengan memakai uang.

5) Standar Pembayaran Utang

Uang sanggup mempermudah dalam menentukan standar pembayaran utang piutang secara sempurna dan cepat.

Uang juga memudahkan dalam menentukan nilai utang yang harus dibayar atau diterima kini atau masa yang akan datang.