Pengertian Dan Macam-Macam Tenaga Pembentuk Muka Bumi (Tenaga Endogen Dan Eksogen)

Berikut ini ialah pembahasan perihal tenaga pembentuk muka bumi yang mencakup tenaga pembentuk permukaan bumi, macam macam tenaga pembentuk permukaan bumi, tenaga pembentuk muka bumi, tenaga endogen, tenaga eksogen, proses pembentukan muka bumi, tanggapan tenaga eksogen, tanggapan tenaga endogen, efek aktual tenaga eksogen, bentuk muka bumi tanggapan tenaga endogen, tenaga endogen pembentuk muka bumi, pembentukan muka bumi, tenaga pembentukan muka bumina.

Macam-macam Tenaga Pembentuk Muka Bumi

Keragaman bentuk relief permukaan bumi yang ada kini tidak terjadi begitu saja dengan sendirinya, tetapi merupakan hasil bentukan alam yang terjadi dengan proses yang sangat panjang dan lama.
Proses perubahan permukaan bumi ini disebabkan oleh tenaga pembentuk muka bumi yang terdiri dari tenaga endogen, yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi dan tenaga eksogen, yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi.
Untuk sanggup lebih memahami kedua jenis tenaga tersebut, perhatikan uraian berikut ini.

1. Tenaga Endogen

Tenaga Endogen atau yang biasa disebut tenaga tektonik ialah tenaga yang berasal dari dalam bumi. 
Tenaga ini biasanya bersifat membentuk atau membangun. Tenaga endogen terdiri atas gempa bumi, vulkanisme, dan proses diatropisme.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Tenaga Endogen beserta Contohnya

2. Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi, berupa pelapukan dan abrasi yang sifatnya merusak permukaan bumi. 
Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Tenaga Eksogen beserta Contohnya

Proses Geomorfi

Perubahan yang dilakukan tenaga eksogen pada permukaan bumi disebut proses geomorfi. Proses ini akan dilakukan oleh benda-benda yang memiliki kemampuan mengikis dan menghancurkan material pembentuk muka bumi yang disebut geomorfi, ibarat tetesan air yang ada di gua-gua membentuk stalaktit dan stalakmit, terjangan ombak terhadap kerikil karang, anutan gletser, dan tiupan angin.
Berdasarkan hasilnya, proses geomorfi dibedakan menjadi degradasi dan agradasi.
Degradasi adalah suatu proses yang mengakibatkan turunnya ketinggian suatu permukaan bumi, yang mencakup proses pelapukan, erosi, dan masswasting. Adapun agradasi adalah suatu proses yang mengakibatkan naiknya suatu permukaan bumi yang mencakup sedimentasi atau pengendapan.

Baca juga: Danau Terbesar di Dunia