Pengertian Dan Teladan Gaya Gesek Serta Manfaat (Keuntungan) Dan Kerugian Gaya Gesek

Berikut ini ialah pembahasan wacana pengertian gaya gesekan, manfaat gaya gesekan, tumpuan gaya gesek, tumpuan gaya gesekan, laba gaya gesekan, laba gaya gesek, kerugian gaya gesek, kerugian gaya gesekan, pengertian gaya gesek, manfaat gaya gesek.

Dua gaya yang sering kau jumpai dalam kehidupan seharihari ialah gaya goresan dan gaya berat. Apakah gaya goresan itu?

Pengertian Gaya Gesek

Pernahkah kau mengamati permukaan ban mobil? Mobil mempunyai permukaan ban yang garang dan beralur. Jika kendaraan beroda empat digunakan terus-menerus, lama-kelamaan permukaan ban yang garang dan beralur ini menjadi aus dan gundul. Tahukah kamu, mengapa permukaan ban kendaraan beroda empat tersebut menjadi aus dan gundul?

Bagian ban kendaraan beroda empat selalu berhadapan dengan permukaan jalan yang kasar. Permukaan jalan garang inilah yang terus-menerus mengikis permukaan ban kendaraan beroda empat sampai balasannya menjadi aus dan gundul.
Gaya gesek ialah gaya yang melawan gaya tarik atau gaya dorong yang bekerja pada suatu benda . Atau goresan ialah gaya yang timbul pada dua permukaan benda yang bergesekan yang arahnya selalu berlawanan dengan arah gerak benda. (kemdikbud)

Contoh Gaya Gesek

Nah, goresan antara permukaan jalan yang garang dan ban kendaraan beroda empat dinamakan gaya gesekan. Gaya goresan selalu mempunyai arah yang berlawanan dengan arah gerak benda. Perhatikan Gambar di bawah ini!
Gambar: Diagram gaya-gaya yang bekerja pada ban mobil.

Tahukah kamu, apa yang memengaruhi besar atau kecilnya gaya gesekan? Kamu sanggup mengamati bahwa kekasaran atau kehalusan bentuk permukaan sanggup memengaruhi besar gaya gesekan.
Semakin garang bentuk permukaan, semakin besar gaya gesekannya. Sebaliknya, semakin halus bentuk permukaan, semakin kecil gaya gesekannya.

Manfaat dan Keuntungan Gaya Gesek

Apakah laba atau kerugian gaya gesek bagi manusia? Gaya gesek yang sanggup menguntungkan insan ialah sebagai berikut.

a. Akibat dari adanya gaya gesek, kau sanggup berjalan di atas tanah dengan nyaman. Jika tidak ada gaya gesek, tidak mungkin kau sanggup berjalan alasannya ialah kau niscaya tergelincir.

b. Gaya goresan antara ban kendaraan beroda empat dengan jalan menciptakan kendaraan beroda empat sanggup bergerak dengan baik. Jika tidak ada gaya gesek, kendaraan beroda empat tidak sanggup bergerak dengan baik alasannya ialah kendaraan beroda empat tersebut niscaya tergelincir.

c. Gaya gesek sanggup dimanfaatkan pula pada rem kendaraan. Dengan adanya gaya goresan antara karet rem dan roda kendaraan, maka kau sanggup mengurangi atau menghentikan gerak kendaraan.

Kerugian Gaya Gesek

Kerugian gaya gesek bagi insan ialah sebagai berikut.

a. Gaya goresan pada bagian-bagian yang ada dalam mesin kendaraan beroda empat atau motor sanggup mengakibatkan panas yang berlebihan. Hal ini sanggup mengakibatkan mesin kendaraan beroda empat cepat rusak. Untuk mengatasi hal ini mesin diberi oli biar goresan antara bagian-bagian mesin lebih kecil.

b. Gesekan antara ban kendaraan beroda empat dan jalan mengakibatkan ban kendaraan beroda empat cepat aus. Selain itu, goresan ini sanggup menghambat gerak kendaraan beroda empat sehingga kendaraan beroda empat tidak sanggup bergerak dengan kelajuan tinggi.

c. Gesekan antara air bahari dan kapal bahari sanggup menghambat gerak kapal laut. Untuk mengatasi hal ini, ujung kapal bahari dibentuk lancip sehingga goresan antara kapal bahari dan air bahari sanggup diperkecil.