Pengertian Dan Teladan Pegunungan Tertinggi Dan Terpanjang Di Dunia Dan Indonesia

Berikut ini ialah pembahasan perihal salah satu bentuk permukaan bumi yaitu pegunungan yang mencakup pengertian pengunungan, referensi pegunungan tertinggi di dunia, referensi pegunungan terpanjang di dunia, pegunungan tertinggi di indonesia, pegunungan tertinggi di dunia, puncak tertinggi di indonesia, puncak tertinggi di dunia, pegunungan terpanjang di dunia, nama pegunungan di indonesia, pegunungan di amerika selatan.

Pengertian Pegunungan

Gunung yaitu suatu daratan yang menjulang lebih tinggi dari sekelilingnya. Sekumpulan gunung berjejer membentuk pegunungan yang panjangnya biasanya sanggup mencapai ribuan kilometer serta membutuhkan waktu jutaan tahun untuk terbentuknya. 
Pegunungan terbentuk alasannya ialah pergerakan lapisan kerak bumi. Adapun kerak bumi terbentuk dari lempeng yang ringkih dikala lapisan mantel di bawah kulit bumi bergerak perlahan-lahan.

Contoh Pegunungan Tertinggi dan Terpanjang Di Dunia

Pegunungan tertinggi di dunia adalah pegunungan Himalaya dengan puncaknya tertingginya yaitu gunung Everest di Asia Selatan dengan tinggi 29.029 ft. 
Selain itu, terdapat puncak yang lebih tinggi, yaitu Mauna Kea di Hawaii yang menjulang dari permukaan maritim dan merupakan gunung berapi.
Pegunungan terpanjang di dunia ialah Pegunungan Andes di Amerika Selatan. 
Secara umum jalur pegunungan di dunia terdiri atas dua bagian, yaitu jalur pegunungan lipatan muda mediterania dan jalur pegunungan lipatan muda sirkum pasifik.

Jalur pegunungan lipatan muda sirkum mediterania membentang mulai dari Pegunungan Atlas di Benua Afrika bab utara menuju Pegunungan Alpen di Benua Eropa, Pegunungan Kaukasus, Pegunungan Himalaya di Benua Asia, Pegunungan Arakan Yoma, dan berujung di Indonesia.

Contoh Pegunungan di Indonesia

Di Indonesia jalur pegunungan lipatan muda mediterania membentuk dua busur pegunungan, yaitu busur dalam vulkanik dan busur luar nonvulkanik.

Busur dalam bersifat vulkanik dan tektonik sehingga kebanyakan pegunungan yang tersebar di kawasan Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Maluku kawasan Saparua banyak gunung api aktif, menyerupai Gunung Krakatau.

Adapun busur luar bersifat nonvulkanik tetapi bersifat tektonik. Busur luar ini membentang mulai dari kawasan Pulau Simeulue, Nias, Mentawai lalu bab pantai selatan Jawa, Pulau Sawu dan kepulauan Nusa Tenggara.

Jalur pegunungan lipatan muda sirkum pasifik membentang mulai dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan lalu masuk ke Amerika Utara, yakni pegunungan Rocky, selanjutnya masuk ke Asia bab timur, yaitu pegunungan yang ada di Jepang, Filipina, dan berakhir di Indonesia tepatnya pegunungan di Kalimantan Utara, Sulawesi, Maluku, dan Irian Jaya.

Di Irian Jaya pegunungan ini terbagi menjadi dua jalur, yaitu jalur pegunungan sepanjang pantai utara hingga Halmahera dan jalur pegunungan mulai Irian bab timur hingga Pulau Misol.

Baca juga: Contoh Dataran Tinggi (Plato)