Pengertian Darah Dan Bagian-Bagiannya (Plasma Darah Dan Sel-Sel Darah)

Berikut ini merupakan pembahasan perihal pengertian darah, potongan bagian darah, plasma darah, sel sel darah.

Pengertian Darah

Darah adalah cairan terdiri atas plasma, sel-sel merah dan putih yang mengalir dalam pembuluh darah insan atau binatang.
Darah insan berwarna merah lantaran mengandung hemoglobin. Namun tingkat warna merahnya bergantung pada kadar oksigen dan karbon dioksida.

Darah yang banyak mengandung oksigen berwarna merah cerah, sedangkan darah yang mengandung banyak karbon dioksida berwarna merah tua.

Volume darah setiap orang tidak sama, tergantung pada berat badan, jenis kelamin, kegemukan, kandungan air dalam tubuh, dan keadaan pembuluh darah. Tapi secara umum volume darah sekitar 8% dari berat badan.

Bagian-bagian Darah

Jika darah diendapkan dengan sentrifugasi, maka darah akan terpisah menjadi potongan yang cair dan potongan yang padat. Bagian darah yang cair disebut plasma, sedangkan potongan yang padat terdiri dari sel-sel darah.
Gambar: Bagian-bagian Darah

a. Plasma Darah

Plasma darah menyusun 55% dari keseluruhan darah, di dalamnya terlarut banyak sekali zat. Plasma tersusun dari air 91% dan zat terlarut 9%. Zat terlarut terdiri dari protein plasma, garam mineral, enzim, hormon, gas, dan zat organik lain.

Protein dalam plasma antara lain berupa albumin (berfungsi untuk menjaga tekanan osmotik darah), globulin (membentuk antibodi), dan fibrinogen (untuk pembekuan darah).

Bagian plasma darah yang berperan dalam sistem kekebalan disebut serum. Serum ini mengandung banyak sekali antibodi yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.

b. Sel-Sel Darah

Sel-sel darah meliputi 45% dari total darah, terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan kepingkeping darah (trombosit). Warna merah pada darah disebabkan adanya hemoglobin dalam eritrosit.