Pengertian, Fungsi Dan Macam-Macam Jenis Sendi Beserta Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan perihal salah satu komponen sistem gerak pada insan yaitu persendia, pembahasan ini mencakup pengertian sendi, pengertian persendian, macam macam sendi, jenis jenis sendi, jenis jenis persendian, macam macam persendian, teladan sendi.

Hubungan Antartulang (Persendian/Artikulasi)


Pengertian Sendi

Persendian ialah tempat perhubungan antara tulang-tulang penyusun rangka tubuh. Tulang hanya sanggup dibengkokkan atau diputar di kawasan sendi saja alasannya yakni tulang sendiri terlalu keras untuk dibengkokkan tanpa patah. 

Fungsi Sendi

Fungsi utama sendi adalah untuk menunjukkan fleksibilitas dan pergerakan pada tempatnya, juga sebagai poros anggota gerak. Ada beberapa sendi dalam badan yang hanya menunjukkan sedikit pergerakan, namun tetap saja sangat berfungsi untuk menunjukkan kestabilan pada badan kita. 

Macam-macam Jenis Sendi

Secara fungsional sendi sanggup dibedakan sebagai berikut.

a. Sendi mati (sinartrosis)

Sendi mati yaitu sendi yang tidak memungkinkan adanya gerak. Contohnya sendi antartulang penyusun tengkorak.

b. Sendi kaku (amphiartrosis)

Sendi Kaku yaitu sendi yang pergerakannya sedikit. Contohnya pada persendian tulang rusuk dan tulang dada.

c. Sendi gerak (diartrosis)

Sendi gerak yaitu sendi yang pergerakannya bebas. Sendi ini dibedakan menjadi empat macam sebagai berikut.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal salah satu komponen sistem gerak pada insan yai Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Jenis Sendi beserta Contohnya
Gambar: Macam-macam Sendi Gerak
(a) sendi peluru, (b) sendi engsel,
(c) sendi pelana, (d) sendi putar.

1) Sendi peluru, merupakan kekerabatan antara dua tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan ke segala arah.

Ujung tulang yang satu berbentuk bonggol, sedangkan yang lainnya berbentuk mangkuk sendi. Mangkuk sendi dibalut oleh jaringan ikat sendi dan mempunyai cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas. Misalnya antara gelang panggul dengan tulang paha, antara gelang pundak dengan tulang lengan atas.

2) Sendi engsel, memungkinkan pergerakan ke satu arah menyerupai gerakan pintu dan jendela. Misalnya sendi pada siku dan lutut.

3) Sendi pelana, yaitu persendian di mana tulang yang satu sanggup bergerak kedua arah, contohnya ke depan k belakang atau ke kiri kanan. Misalnya antara tulang ibu jari dan tulang telapak tangan.

4) Sendi putar, yaitu persendian di mana tulang yang satu berputar mengitari tulang lainnya. Misalnya antara tulang pengumpil dan tulang hasta, antara tulang betis dan tulang kering.