Pengertian Perubahan Sosial Dan Budaya Pada Masyarakat

Pempahasan kali ini membahas wacana pengertian perubahan sosial budaya, perubahan sosial dan budaya, perubahan sosial budaya,  bentuk bentuk perubahan sosial budaya, pengertian perubahan ssosial budaya berdasarkan para ahli.

 Perubahan Sosial Budaya


Kehidupan insan senantiasa mengalami perubahan. Kita yang dahulu kecil tanpa tahu apa pun, sekarang tumbuh dewasa. Kematangan fisik dan intelektual kita bertambah.

Begitu pun, kehidupan masyarakat. Keadaan masyarakat senantiasa mengalami perubahan, perkembangan, dan pergantian. Perubahan-perubahan ini dalam ilmu sosial dinamakan perubahan sosial budaya.

Perubahan sosial budaya dapat kita amati dari kehidupan bangsa kita. Pada zaman prasejarah insan Indonesia belum mengenal tulisan.

Saat dampak India masuk pada awal Masehi, kita mengenal tulisan, agama, sastra, sistem kemasyarakatan, sistem kerajaan, dan bangunan peribadatan.

Begitu pula ketika Islam masuk di Nusantara. Perubahan sosial semakin cepat sehabis bangsa Barat menjajah Indonesia.
Pempahasan kali ini membahas wacana pengertian perubahan sosial budaya Pengertian Perubahan Sosial dan Budaya Pada Masyarakat
Perubahan Sosial

Kita mengenal teknologi, birokrasi pemerintahan modern, sekolah, budaya tulis, dan organisasi. Masyarakat benar-benar mengalami perubahan sosial budaya ketika Indonesia merdeka.

Kita menjadi negara merdeka dan bermacam-macam bentuk pranata sosial kita ciptakan untuk mewujudkan keinginan Proklamasi 1945.

Dari kilas balik dan dinamika sejarah perjalanan bangsa tersebut, bisakah kau merumuskan pengertian perubahan sosial budaya?

Menurut Selo Soemardjan (sebagaimana dikutip Soerjono Soekanto, 1987:285), perubahan sosial ialah segala perubahan pada forum kemasyarakatan dalam suatu masyarakat.

Perubahan tersebut menghipnotis sistem sosialnya. Sistem sosial tersebut mencakup nilainilai, sikap, dan teladan sikap kelompok-kelompok di masyarakat.