Pengertian, Rumus Dan Satuan Daya Serta Pola Soal Daya Dan Pola Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini yaitu pembahasan perihal daya yang mencakup pengertian daya, rumus daya, satuan daya, teladan soal daya, teladan daya, teladan daya dalam kehidupan sehari hari.

Pengertian Daya

Pada pembahasan perihal gerak, kau telah mengetahui bahwa kecepatan yaitu perubahan jarak per satu sekon. Misalkan, sebuah kendaraan beroda empat kecepatannya 20 m/s.

Angka ini mengandung arti bahwa dalam satu sekon, kendaraan beroda empat tersebut bisa menempuh jarak 20 m. Terlihat bahwa kecepatan merupakan perubahan jarak setiap satu sekon.

Usaha sanggup didefinisikan sebagai perubahan energi. Jika perubahan energi ini diukur setiap satu sekon, akan didapatkan sebuah besaran gres yaitu perubahan perjuangan setiap satu sekon. Besaran tersebut disebut daya.
Jadi, daya dapat didefinisikan sebagai perubahan energi setiap satu sekon. Dalam bahasa Inggris, daya yaitu power. Dengan demikian, daya dilambangkan dengan P.

Rumus Daya

Secara matematis, daya dituliskan sebagai berikut.

Berikut ini yaitu pembahasan perihal daya yang mencakup pengertian daya Pengertian, Rumus dan Satuan Daya serta Contoh Soal Daya dan Contoh Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari
Keterangan:
P = daya (Joule/sekon)
W = perjuangan (Joule)
t = waktu (sekon)

Satuan Daya

Satuan daya yaitu Joule/sekon. Dalam satuan SI disebut sebagai watt dilambangkan W.
1 watt = 1 Joule/sekon

Bagaimana kekerabatan antara daya, kecepatan, dan usaha?

Ingat kembali kekerabatan antara gaya dan perjuangan yang dirumuskan dengan W = F × s. Gaya F yang bekerja pada benda yang sedang bergerak sejauh Ds, sehingga:
W = F × Ds
Besar daya rata-rata:

Berikut ini yaitu pembahasan perihal daya yang mencakup pengertian daya Pengertian, Rumus dan Satuan Daya serta Contoh Soal Daya dan Contoh Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jadi, besar daya sesaat adalah:
P = F × v 
Keterangan:
P = daya sesaat
F = gaya
v = kecepatan

Contoh Soal Daya

Seorang laki-laki yang beratnya 600 N bisa menaiki tangga setinggi 10 m dalam waktu 10 detik. Berapa daya yang dimiliki laki-laki tersebut?

Jawab:
Diketahui W = 600 N
s = 10 m
t = 10 s
Ketika menaiki tangga, otot laki-laki tersebut mengerjakan gaya yang sama dengan berat badannya yaitu F = 600 N.
P = .... ?


Jadi, daya yang dimiliki laki-laki tersebut yaitu 600 joule/sekon.

Contoh Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika diperhatikan, dalam kehidupan sehari-hari, banyak kejadian-kejadian yang ada hubungannya dengan daya. Berikut ini yaitu teladan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Jika dua lampu sejenis masing-masing 40 watt dan 10 watt dinyalakan memakai sumber arus yang sama, lampu 40 watt akan menyala lebih jelas daripada lampu 10 watt. Hal ini dikarenakan lampu 40 watt sanggup mengubah energi listrik ke dalam energi cahaya lebih cepat daripada lampu 10 watt.
  2. Ari dan Wibowo mempunyai berat tubuh sama. Dengan demikian, keduanya dianggap mempunyai energi yang sama. Ketika keduanya berlomba lari 100 m, ternyata yang lebih dulu mencapai garis finish yaitu Ari. Dengan demikian, Ari mempunyai daya lebih besar daripada Wibowo.

Demikian pembahasan tentang pengertian daya, rumus daya, satuan daya, teladan soal daya, teladan daya, teladan daya dalam kehidupan sehari hari, teladan penerapan daya dalam kehidupan sehari hari.