Pengertian Sistem Peredaran Darah Tertutup Dan Ganda Pada Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan ihwal peredaran darah tertutup, peredaran darah ganda, sistem peredaran darah pada manusia, sistem transportasi pada manusia, sistem peredaran darah terbuka, sistem peredaran darah jantung, sistem peredaran darah pada mamalia, sistem sirkulasi darah, peredaran darah tunggal.

Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Peredaran darah insan merupakan peredaran darah tertutup dan ganda atau rangkap.
Peredaran darah tertutup artinya dalam peredarannya darah selalu mengalir di dalam pembuluh darah. 
Peredaran darah ganda artinya dalam satu kali beredar, darah melalui jantung sebanyak dua kali sehingga terdapat peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.
Peredaran darah kecil yaitu peredaran darah yang dimulai dari jantung menuju ke paru-paru, kemudian kembali ke jantung. 
Pada ketika darah berada di paru-paru, terjadi pertukaran gas oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2) secara difusi.
Berikut ini merupakan pembahasan ihwal peredaran darah tertutup Pengertian Sistem Peredaran Darah Tertutup dan Ganda pada Manusia
Gambar: Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Oksigen dari udara berdifusi ke darah, sedangkan karbon dioksida dari darah berdifusi ke udara. Darah yang meninggalkan paru-paru kaya akan oksigen. Kemudian masuk ke atrium kiri melalui vena pulmonalis.
Peredaran darah besar ialah peredaran darah dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh, kemudian kembali ke serambi kanan jantung. 
Pada ketika darah berada di kapiler, terjadi pertukaran gas oksigen (O2) dan karbon dioksida (CO2). Oksigen dari darah berdifusi ke sel-sel badan sedangkan karbon dioksida dari selsel badan berdifusi ke dalam darah.

Kemudian darah yang miskin oksigen dan kaya karbon dioksida menuju vena. Darah dari badan bab atas menuju atrium kanan melalui pembuluh balik besar atas (vena cava superior) sedangkan darah dari badan bab bawah masuk ke atrium kanan melalui pembuluh balik besar bawah (vena cava inferior).