Sistem Pembagian Terstruktur Mengenai Makhluk Hidup 5 (Lima) Kingdom

Berikut merupakan pembahasan wacana sistem penjabaran lima kingdom, sistem penjabaran 5 kingdom, penjabaran makhluk hidup 5 kingdom.

Sistem Klasifikasi 5 Kingdom

Pencetus penjabaran sistem lima kingdom yaitu Robert H. Whittaker, spesialis biologi Amerika Serikat pada tahun 1969. Dalam penjabaran ini Whittaker mengelompokkan makhluk hidup dalam Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.

Kingdom gres yang ditambahkan, yaitu Protista mencakup banyak sekali jenis makhluk hidup uniseluler maupun multiseluler yang mirip jamur, tumbuhan, dan binatang namun tidak sanggup dikelompokkan ke dalam Kingdom Fungi, Plantae, dan Animalia.
Berikut merupakan pembahasan wacana sistem penjabaran lima kingdom Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup 5 (Lima) Kingdom
Gambar: Sistem penjabaran lima kingdom yang diusulkan oleh Whittaker.

Untuk memahaminya, pelajarilah uraian berikut ini.

a. Kingdom Monera

Kingdom Monera mencakup banyak sekali jenis basil dan ganggang hijau-biru. Ciri khas kingdom ini yaitu selnya tidak mempunyai membran inti sehingga disebut organisme prokariotik.

b. Kingdom Protista

Kingdom Protista mencakup banyak sekali jenis makhluk hidup yang mempunyai sel eukariotik (mempunyai inti sel yang diselubungi membran inti). Makhluk hidup yang termasuk dalam kingdom ini yaitu Protozoa dan ganggang selain ganggang biru.

c. Kingdom Fungi

Kingdom Fungi mencakup banyak sekali jamur yang mempunyai ciri-ciri tidak berklorofil, selnya eukariotik, berdinding sel dari zat kitin, dan semua bersifat heterotrof (tidak sanggup menciptakan masakan sendiri).

d. Kingdom Plantae

Kingdom Plantae mencakup banyak sekali jenis tumbuhan yaitu lumut, paku, dan tumbuhan biji. Ciri khas plantae yaitu mempunyai klorofil, eukariotik, selnya berdinding dari selulosa, tidak mempunyai alat gerak aktif, dan tumbuh hampir tak terbatas.

e. Kingdom Animalia

Kingdom Animalia mencakup banyak sekali jenis hewan. Ciri khas binatang yaitu tidak mempunyai klorofil, mempunyai alat gerak aktif, eukariotik, dan bersel banyak. Kingdom Animalia dibagi menjadi dua kelompok menurut ada atau tidak adanya tulang belakang (vertebrae).