Urutan Susunan Lapisan Atmosfer Bumi

Berikut ini ialah pembahasan perihal lapisan atmosfer yang mencakup susunan lapisan atmosfer, lapisan-lapisan atmosfer, lapisan atmosfer bumi, konsentrasi lapisan ozon terdapat pada lapisan?

Susunan Lapisan Atmosfer

Menurut perubahan suhu dan ketinggiannya, atmosfer sanggup dikelompokkan menjadi empat lapisan, yakni troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer (ionosfer).

a. Lapisan Troposfer

Troposfer merupakan lapisan terbawah, terletak pada ketinggian antara 0 – 16 km. Baca selengkapnya perihal karakteristik dan ciri-ciri lapisan troposfer.

b. Lapisan Stratosfer

Merupakan lapisan udara yang terletak pada ketinggian antara 16 – 50 km. Konsentrasi lapisan ozon terdapat pada lapisan stratosfer ini. Baca selengkapnya perihal karakteristik dan ciri-ciri lapisan stratosfer.
Berikut ini ialah pembahasan perihal lapisan atmosfer yang mencakup susunan lapisan atmos Urutan Susunan Lapisan Atmosfer Bumi
Gambar: Susunan Lapisan Atmosfer

c. Lapisan Mesosfer

Terdapat lapisan mesosfer yang berada pada ketinggian antara 50–80 km. Lapisan ini mempunyai peranan penting sebab sanggup melindungi bumi dari kejatuhan meteor.

Pada lapisan ini meteor hancur dan terbakar sebab ukiran dengan udara sehingga hanya kepingan-kepingan kecil yang hingga di permukaan bumi.

Diperkirakan kecepatan meteor sewaktu memasuki atmosfer bumi mencapai 25.000 km per jam. Karena kecepatan itulah meteor terbakar dan hancur sehingga menimbulkan cahaya jelas yang bergerak cepat pada malam hari.

d. Lapisan Termosfer atau Ionosfer

Merupakan lapisan udara yang terletak pada ketinggian lebih dari 80 km. Baca selengkapnya perihal karakteristik dan ciri-ciri lapisan termosfer.

Demikian pembahasan perihal susunan lapisan atmosfer bumi, bekerjsama masih ada satu lagi lapisan di atasnya termosfer yaitu eksosfer yang mempunyai ketinggian lebih dari 400km.