Contoh Pidato Bahasa Indonesia Ihwal Kesehatan Tubuh

Berikut ini dalah referensi pidato bahasa Indonesia ihwal kesehatan badan yang disampaikan dalam lembaga pendidikan.

Penyakit Kulit

Selamat pagi, salam sejahtera,

Hadirin yang aku hormati, Selamat berjumpa kembali dalam aktivitas kesehatan.

Hadirin yang berbahagia, kali ini akan membahas mengenai penyakit kulit.

Menurut data dari banyak sekali rumah sakit pendidikan di Indonesia, penyakit kulit yang paling banyak menyerang ialah eksim alias dermatitis.

Eksim itu jenisnya banyak dan dibagi atas banyak sekali macam, mulai dari eksim alergi, eksim bawaan, eksim akhir stres, atau eksim lantaran kontak dengan materi iritan.

Setelah eksim, penyakit kedua ialah penyakit-penyakit infeksi. Bicara soal bisul jamur, kita mengenal panu dan kurap.

Penyakit jamur kurap itu bergotong-royong tidak berbahaya. Hal ini disebabkan lantaran intinya jamur itu sendiri tidak berbahaya.

Sifatnya oportunis. Jika kondisi memungkinkan, kurap menyerang. Kurap tidak 100% jahat atau patogen. Hanya lantaran ia biasa terdapat di “daerah-daerah rawan” menyerupai di sekitar paha, pasien suka aib pergi ke dokter.

Sering kali mereka tiba sehabis kurap usang menetap dan tidak sembuh-sembuh akhir tidak tepatnya pemberian obat. Dokter pun kadang sudah sulit mendiagnosisnya, lantaran kurap sudah berubah rupa menyerupai penyakit kulit yang lain.

Hadirin yang berbahagia,

Kondisi yang memungkinkan timbulnya kurap yang pertama ialah kelembapan. Indonesia
merupakan tempat tropis, jadi niscaya lembap. Penyebab kedua ialah kondisi kulit yang tidak menguntungkan, yakni pada tempat yang suhunya lebih tinggi dari sekitarnya, kemudian ada friksi (gesekan-gesekan).

Penyebab yang kedua ini bergotong-royong sering diakibatkan gaya hidup orang tersebut, contohnya suka menggunakan baju yang ketat, pakaian dalam ketat supaya perutnya tampak langsing, atau pakaian yang tidak menyerap keringat.

Penularan kurap sendiri sanggup terjadi dari binatang, lantaran jamur kurap sanggup menyerang binatang-binatang berbulu, dar mulai kucing, anjing, dan tikus. Meskipun kita tidak punya peliharaan kucing atau anjing, apabila tikus yang ada di atap rumah terkena jamur, kemudian di malam hari tikus turun, maka bulu yang rontok mengenai anak-anak, atau siapa pun, tikus pun menjadi penyebar.

Hadirin yang aku hormati,
Berikut ini dalah referensi pidato bahasa Indonesia ihwal kesehatan badan yang disampaikan  Contoh Pidato Bahasa Indonesia ihwal Kesehatan Tubuh
Pidato
Gejala yang dirasakan pertama kali apabila terkena kurap ialah rasa gatal. Kadang-kadang gatalnya gres satu bintik saja, tapi kemudian melebar. Hal yang khas, dan bedanya dengan eksim, ialah batasnya yang tegas. Bagian tengahnya lama-lama kelihatannya menyerupai ada yang menyembul, tapi masih terus melebar.

Berkenaan dengan hal di atas, orangorang yang terkena sering mengganggap ini hanya sakit gatal. Mereka akan menggunakan obat sendiri, kadang kala mengulang saja obat dari dokter yang dulu pernah dipakainya.

Padahal obat itu bukan untuk jamur. Dengan pengobatan yang tidak benar, gambarannya berubah, menyerupai mirip eksim. Apabila ia tiba ke dokter, dokter pun tidak sanggup membedakan lagi apakah itu eksim atau bukan. Jadi, terus diberikan obat-obatan eksim yang sifatnya berlawanan.

Pasien dibutuhkan tidak mengutak-utik. Kaprikornus bintik gatalnya dalam kondisi apa adanya, semoga dokter tahu niscaya jenis penyakitnya.

Selanjutnya, pasien diminta membantu semoga penyakitnya lebih cepat sembuh, contohnya dengan menghindari faktor predisposisi, menyerupai menghindari panas, kelembapan, gesekan, atau keringat berlebihan.

Setelah itu, penderita diminta menghilangkan sumber penularan berikutnya, lantaran jikalau tidak, penyakit sanggup kambuh lagi. Misalnya, bekas celana jeans, yang masih mengandung repihan kulit, sanggup menulari orang lain atau kembali menulari dirinya sehabis ia sembuh, jikalau tidak dicuci dengan bahan-bahan pemati jamur, kemudian dijemur dan disetrika.

Jika pakaian tidak disetrika, tapi disimpan di lemari, apabila digunakan lagi sanggup menciptakan pasien terkena lagi. Hal ini lantaran sporanya masih bertahan meskipun sudah sebulan berlalu. Spora sangat besar lengan berkuasa dan sanggup bertahan hidup dalam waktu yang panjang.

Dapat juga digunakan sabun-sabun antiseptik atau yang mengandung belerang dikala kulit terkena gangguan jamur. Namun, jangan hingga mengakibatkan iritasi. Jadi, dalam menentukan sabun harus dilihat dulu kelainannya apa. 

Apabila akhir jamur saja, maka boleh menggunakan sabun sulfur. Namun, pada kondisi kulit tertentu yang kering, semisal eksim bawaan menyerupai pada belum dewasa (kering pada lipatan lengan, putih-putih pada pipi, dan sebagainya) sebaiknya jangan, lantaran hal itu sanggup menciptakan lebih gatal.

Sebaiknya gunakan sabun yang ringan, yaitu yang netral.

Hadirin yang berbahagia, 

Sebagai penutup, aku mengajurkan segeralah pergi ke dokter apabila timbul tanda-tanda gatal-gatal.

Terima kasih atas perhatiannya, semoga bermanfaat bagi semuanya.
Selamat pagi.

(Sumber: Kompas, 19 Februari 2004, dengan pengubahan)