Langkah-Langkah Menulis Dan Menciptakan Karya Tulis Ilmiah Yang Baik Dan Benar

Pokok pembahasan kali ini ialah perihal langkah-langkah menciptakan karangan, langkah-langkah menciptakan karya tulis ilmiah, pola karangan ilmiah, langkah-langkah penelitian ilmiah, sistematika penulisan karya ilmiah, tata cara penulisan karya ilmiah.

Kerangka karya ilmiah, judul karya ilmiah, cara menciptakan artikel ilmiah, cara penulisan artikel ilmiah, pola penulisan karya ilmiah, cara menciptakan karya tulis dan langkah-langkah penulisan karya ilmiah.

Cara Membuat Karya Tulis Ilmiah 

Karya tulis merupakah bentuk karangan yang mengungkapkan ide, pikiran, dan perasaan penulisnya dalam satu kesatuan tema yang utuh. Karya tulis yang digolongkan sebagai karya ilmiah merupakan karangan yang didasarkan pada acara ilmiah.

Kegiatan ilmiah dalam hal ini sanggup berupa penelitian lapangan, percobaan laboratorium, atau telaah buku.

Unsur-unsur karya karya tulis ilmiah

Sebuah goresan pena disebut karya tulis ilmiah apabila mengandung usnur-unsur berikut.

1. Didasarkan pada fakta dan data.

2. Disajikan secara objektif atau apa adanya.

3. Menggunakan bahasa yang lugas dan jelas.

Kemampuan menciptakan karya tulis ilmiah sangat kalian perlukan dalam proses pembelajaran. Selain itu, karya tulis ilmiah yang baik akan menawarkan banyak manfaat bagi diri kalian sendiri dan masyarakat umumnya.

Sumber isu yang dipakai dalam sebuah karya tulis ilmiah, baik berupa teori, pendapat, atau kutipan lain, harus diungkapkan dengan terperinci dan dicantumkan sumber pengambilan tersebut.

Sumber goresan pena sanggup ditulis secara eksklusif sehabis kutipan atau diletakkan di dalam potongan daftar pustaka. Sebelum berlatih menciptakan karya tulis ilmiah sederhana yang didasarkan dari banyak sekali sumber tertulis, perhatikan pola karya tulis ilmiah di bawah beserta penjelasannya.

Informasi beserta sumber informasi:
Internet adalah sebuah jaringan multimedia yang pengoperasiannya memerlukan seperangkat komputer, modem, dan jaringan telepon atau satelit. (www.juice-boosted.com)
– Dengan hanya berbekal Rp2.000,00 hingga dengan Rp3.500,00 untuk setiap jam di warung internet (warnet), kita memperoleh banyak data yang kita perlukan baik untuk penulisan artikel maupun penelitian. (“Berinternet Gratis dengan JUICE” dalam Suara Merdeka, 30 Agustus 2004).

Contoh Penulisan Karya Ilmiah

Berdasarkan isu dan sumber isu di atas, kalian sanggup menyusun sebuah goresan pena ilmiah sederhana menyerupai pola berikut.

=======================================

Pemanfaatan Internet

I. Pendahuluan

Berkembangnya teknologi informatika telah membuka wawasan gres bagi dunia pendidikan di Indonesia. Betapa tidak, banyak sekali sumber isu yang kita perlukan sekarang tersedia di depan mata. Maka, tidaklah mengherankan jikalau ada yang menyatakan siapa yang menguasai teknologi, dialah yang memainkan peranan penting di kemudian hari.

Keterbukaan kanal internet membuka peluang besar bagi dunia pendidikan untuk terus meningkatkan mutunya. Dengan demikian, dituntut tugas serta semua civitas akademik mulai guru, siswa, orang renta siswa, dan pemerintah untuk memanfaatkan peluang-peluang yang tersedia melalui media internet.

II. Permasalahan

Bagaimana pola pemanfaatan media internet yang ideal bagi dunia pendidikan?

III. Pembahasan

Pengertian internet Internet ialah sebuah jaringan multimedia yang pengoperasiannya memerlukan seperangkat komputer, modem, dan jaringan telepon atau satelit. Internet merupakan salah satu jendela kita untuk sanggup mengetahui banyak sekali perkembangan dunia ilmu pengetahuan di dunia luar.

Prosedur pencarian data di internet

Cukup hanya memasukkan kata kunci dari data yang kita perlukan, secara otomatis jaringan internet akan mencari dan menampilkan data-data yang kita perlukan. Dengan hanya berbekal Rp2.000,00 hingga dengan Rp3.500,00 untuk setiap jam di warung internet (warnet), kita memperoleh banyak data yang kita perlukan baik untuk penulisan artikel maupun penelitian.

IV. Penutup

Kesimpulan

1. Teknologi internet merupakan perkembangan yang harus diikuti oleh setiap civitas akademik, sehingga kehadirannya bisa menawarkan nilai tambah bagi dunia pendidikan.

2. Perlu kesadaran semua pihak bahwa penerapan teknologi multimedia dalam dunia pendidikan penting untuk segera dilakukan sehingga terbentuk sebuah komunitas atau jaringan berguru yang interaktif.

3. Dengan berhasilnya pemanfaatan internet, diperlukan sanggup menunjang kreativitas dewasa dalam dunia penulisan ilmiah.

Saran

Mengingat pemanfaatan internet masih memerlukan biaya yang tidak sedikit, alangkah baiknya jikalau pihak sekolah untuk sementara waktu ini memanfaatkan kanal internet yang berlangganan. Di tahun 2008, teknologi internet akan lebih gampang dan gratis dengan cara bergabung dalam komunitas JUICE, sebab komunitas JUICE memiliki jadwal khusus yang hanya memanfaatkan line telepon tanpa memakai pulsa.

V. Daftar Pustaka

Junaedi, Fajar. 2004. “Berinternet Gratis dengan JUICE” dalam Suara Merdeka. Semarang: Suara Merdeka, 30 Agustus 2004.

sumber: http://www.juiceboosted.com.
=======================================

Contoh karya tulis di atas memakai format ilmiah, yaitu dengan memakai bahasa baku dan sistematika ilmiah.
Pokok pembahasan kali ini ialah perihal langkah Langkah-Langkah Menulis dan Membuat Karya Tulis Ilmiah Yang Baik dan Benar
Membuat Karya Ilmiah

Langkah-langkah menciptakan karya tulis ilmiah

Berdasarkan daftar pustaka, sanggup kalian lihat bahwa karya tulis tersebut memakai dua sumber, yaitu dari media massa dan internet. Beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menciptakan karya tulis ialah berikut.

1. Tentukan objek yang akan dikaji.

2. Tentukan permasalahan yang akan dibahas dari objek kajian.

3. Kumpulkan sumber-sumber bacaan pendukung baik berupa isu maupun teori.

4. Analisislah objek kajian dengan mengulas permasalahan yang dikemukakan.

5. Buatlah kesimpulan menurut hasil analisis.

6. Tulislah sumber bacaan dan lainnya dalam daftar pustaka.

Sistematika penulisan ilmiah.

1. Pendahuluan.

2. Permasalahan.

3. Pembahasan.

4. Penutup: kesimpulan dan saran.

5. Daftar pustaka.

Langkah-langkah menulis karya tulis ilmiah.

1. Menentukan topik yang akan dibahas.

2. Menentukan tujuan pembahasan.

3. Mengumpulkan bahan.

4. Membuat kerangka tulisan.

5. Menyusun kerangka goresan pena menjadi karya tulis ilmiah yang utuh dan lengkap.