Pengertian Asam Dan Macam-Macam Jenis Asam (Organik Dan Anorganik) Beserta Contohnya

Berikut ini yaitu pembahasan wacana asam yang mencakup pengertian asam, pengertian basa, pengertian garam, pola asam, pola basa, pola garam, pengelompokan asam basa garam, macam macam asam, macam macam basa, macam macam garam, jenis jenis asam, jenis jenis basa, jenis jenis garam, pengertian asam organik, pengertian asam anorganik, pola asam organik, pola asam anorganik.

Pengertian Asam

Apakah yang dimaksud dengan asam? Definisi asam dan basa berdasarkan Stave Arrhenius, seorang kimiawan Swedia yaitu sebagai berikut.
Asam adalah suatu zat yang melepaskan ion hidrogen (H+) dikala dilarutkan dalam air, sedangkan basa yaitu zat yang melepaskan ion hidroksida (OH¯). 
Definisi ini membatasi asam dan basa untuk zat-zat yang sanggup larut dalam air.

Contoh reaksi kimianya adalah:
  • HCl(aq) → H+(aq) + Cl¯(aq) (asam)
  • NaOH(aq) → Na+(aq) + OH¯(aq) (basa)

Konsep Asam

Sebelum kita mempelajari konsep asam, terlebih dahulu kita sedikit mencar ilmu mengenai atom.
Atom adalah partikel terkecil dari suatu zat yang tidak sanggup diuraikan lagi menjadi partikel yang lebih kecil dengan reaksi kimia biasa. Atom terdiri dari tiga jenis partikel subatom yaitu elektron, proton, dan neutron.
Atom hidrogen yaitu atom yang paling sederhana alasannya hanya mempunyai satu proton dan satu elektron.

Jika kita andaikan atom hidrogen itu kehilangan elektronnya, sehingga tinggal satu proton dengan satu muatan listrik positif, maka atom tersebut sudah tidak netral lagi, tetapi sudah menjadi ion dengan satu muatan positif.

Ion yaitu atom yang bermuatan listrik. Ion hidrogen ditandai dengan lambang H+. H berarti hidrogen dan tanda (+) berarti ion tersebut bermuatan positif.

Dengan memahami pengertian ion hidrogen, kau sanggup memahami pengertian asam. Menurut pengertian ini,
Asam adalah zat apa saja dalam molekulnya mempunyai satu atom hidrogen yang bisa memisahkan diri menjadi ion hidrogen. Dengan kata lain, semua asam yaitu sumber ion hidrogen atau proton.
Asam sanggup menghantarkan arus listrik alasannya asam sanggup melepaskan ion-ion dalam larutannya. Asam berpengaruh merupakan elektrolit yang baik. Contoh penggunaannya yaitu asam sulfat (H2SO4) sebagai elektrolit dalam aki.

Dalam kehidupan sehari-hari kau sanggup menemui penggunaan asam secara luas, ibarat dalam obat-obatan, pembuatan pupuk, dan sebagai materi peledak.

Meskipun asam merupakan senyawa yang sangat berguna, asam juga sanggup menjadikan kerusakan alasannya sifatnya yang korosif. Contohnya yaitu hujan asam yang sanggup merusakkan bangunan.

Macam-macam Jenis Asam

Asam sanggup dikelompokkan menjadi dua, yaitu asam organik dan asam anorganik.
Asam organik merupakan senyawa asam karbon yang dihasilkan tumbuhan dan hewan. 
Kebanyakan asam ini tidak berbahaya dan banyak memberi aroma pada buah dan makanan. Contoh asam organik antara lain minyak dan lemak yang bersenyawa dengan gliserol, asam metanoat (HCO2H) atau asam formiat dalam lebah penyengat dan beberapa semut yang berfungsi untuk membela diri.

Beberapa jenis asam organik ditunjukkan pada Tabel berikut.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana asam yang mencakup pengertian asam Pengertian Asam dan Macam-macam Jenis Asam (Organik dan Anorganik) Beserta Contohnya
Tabel: Macam-macam Jenis Contoh Asam Organik
Asam anorganik merupakan asam yang dibentuk dari mineralmineral dan nonlogam. Asam inilah yang dipakai untuk menciptakan plastik, serat, pupuk, pewarna, dan materi kimia lain. 
Asam anorganik dalam keadaan pekat biasanya korosif, sanggup melukai kulit, dan sanggup melarutkan logam dengan cepat, bahkan kaca. Contoh asam anorganik yaitu asam fluorida (HF) sanggup melarutkan kaca.

Namun, ada juga asam anorganik yang tidak berbahaya, contohnya asam borat (H3BO3) yang merupakan materi baku utama pembuatan salep mata.

Beberapa pola asam anorganik ditunjukkan pada Tabel berikut.
Berikut ini yaitu pembahasan wacana asam yang mencakup pengertian asam Pengertian Asam dan Macam-macam Jenis Asam (Organik dan Anorganik) Beserta Contohnya
Tabel: Macam-macam Jenis Contoh Asam Anorganik

Dapatkah kau menyebutkan contoh-contoh senyawa asam lainnya?