Pengertian Gerak Dan Gerak Lurus Serta Teladan Gerak Lurus

Berikut ini ialah pembahasan perihal gerak lurus yang mencakup Besaran-Besaran dalam Gerak Lurus, pengertian gerak lurus, pengertian gerak, contoh gerak lurus.

Pengertian Gerak

Sebelum membahas lebih jauh perihal gerak lurus dan contohnya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu definisi dari gerak lurus. Apakah yang dimaksud dengan gerak lurus?

Mobil yang berjalan dan pesawat yang bergerak meninggalkan landasan terang sanggup dikatakan bergerak. Bagaimana dengan penumpang kendaraan beroda empat dan penumpang pesawat?

Dapatkah mereka dikatakan bergerak? Mari kita pelajari pengertian gerak (khususnya gerak lurus) dan besaran-besaran dalam gerak lurus.
Gerak merupakan tanda-tanda alam yang banyak diteliti alasannya ialah bidang penerapannya yang luas.

Pengertian Gerak Lurus

Suatu benda dikatakan bergerak alasannya ialah mengalami perubahan kedudukan dari titik acuan. Nah, tahukah kau apakah titik contoh itu?
Titik acuan ialah suatu titik untuk memulai pengukuran perubahan kedudukan benda. Adapun titik-titik yang dilalui oleh suatu benda dikala bergerak disebut lintasan.
Sebenarnya, benda yang ”diam” sanggup juga dikatakan bergerak. Hal ini bergantung pada titik contoh yang digunakan dan kedudukan benda yang berubah terhadap titik acuannya.

Berdasarkan pengertian tersebut, penumpang kendaraan beroda empat dan pesawat sanggup dikatakan bergerak. Jika kau memandang kendaraan beroda empat sebagai titik acuan, maka penumpang kendaraan beroda empat dikatakan diam.

Sedangkan jikalau kau memandang landasan pesawat sebagai acuan, maka penumpang pesawat dikatakan bergerak terhadap landasan.

Nah, apakah kesimpulan yang kau dapatkan mengenai pengertian gerak? Suatu benda dikatakan bergerak terhadap benda lain jikalau mengalami perubahan kedudukan terhadap benda lain yang dijadikan titik acuan.
Sedangkan gerak lurus ialah suatu gerak yang memiliki lintasan lurus. 

Contoh Gerak Lurus

Dapatkah kau menyebutkan contoh-contoh gerak lurus? Mobil yang berjalan di jalan lurus dan kereta api yang berjalan merupakan contoh gerak lurus.