Satuan Dan Rumus Energi Listrik Beserta Pola Soal Menghitung Energi Listrik

Berikut ini merupakan pembahasan perihal energi listrik, teladan energi listrik, rumus menghitung energi listrik, satuan energi listrik, teladan soal energi listrik, serta contoh-contoh perubahan energi listrik menjadi energi lainnya menyerupai engergi cahaya, energi panas dan energi gerak.

Hubungan Tegangan, Kuat Arus, dan Energi Listrik

Apa yang terjadi ketika lampu 3 volt dihubungkan dengan baterai sebesar 6 volt? Ketika lampu 3 volt dihubungkan dengan sumber tegangan sebesar 6 volt, lampu tersebut akan menyala sangat terang.

Sebaliknya, kalau lampu tersebut dihubungkan dengan sumber tegangan 1,5 volt, lampu akan menyala redup. Berdasarkan uraian tersebut, besarnya energi listrik sangat bergantung pada tegangan listrik.

Nah, tahukah kau faktor-faktor lainnya yang memengaruhi besar energi listrik? Mari memeriksa faktor-faktor yang memengaruhi besarnya energi listrik melalui acara berikut.

1. Susunlah rangkaian percobaan menyerupai gambar di bawah ini.

2. Ukurlah suhu air mula-mula. Celupkan pemanas listrik ke dalam gelas kimia yang telah diisi air 200 mL, kemudian hubungkan pemanas air dengan baterai 6 volt.

3. Ukurlah waktu yang diharapkan pemanas air untuk memanaskan 200 mL air sehingga suhunya naik sebesar 5° C.

4. Ulangi langkah 1 hingga langkah 3, tetapi pemanas air dihubungkan dengan baterai 12 V, kemudian tuliskan hasil pengamatanmu.
Berikut ini merupakan pembahasan perihal energi listrik Satuan dan Rumus Energi Listrik beserta Contoh Soal Menghitung Energi Listrik
Gambar: Percobaan Energi Listrik

Dari Kegiatan di atas, kau sanggup mengamati bahwa besar berpengaruh arus yang melewati pemanas air ketika dihubungkan dengan tegangan 12 volt yakni dua kali lebih besar daripada ketika pemanas air dihubungkan dengan sumber tegangan 6 volt.

Adapun waktu yang dibutuhkan pemanas air ketika dihubungkan dengan sumber tegangan 12 volt lebih cepat daripada ketika pemanas air dihubungkan dengan sumber tegangan 6 volt.

Dari uraian tersebut sanggup diperoleh kesimpulan bahwa energi listrik sebanding dengan tegangan listrik (V), berpengaruh arus listrik (I), dan waktu (t).

Rumus Energi Listrik

Secara matematis pernyataan tersebut sanggup dinyatakan sebagai berikut.


Kamu telah mempelajari Hukum Ohm yang menyatakan bahwa:
I = V/R atau V = I R
Sehingga Persamaannya sanggup ditulis menjadi:

atau

Keterangan:
W = energi listrik (joule)
V = tegangan listrik (volt)
I = berpengaruh arus listrik (ampere)
t = selang waktu (sekon)
R = kendala listrik (ohm)

Contoh Soal Energi Listrik

Sebuah lampu 220 volt dialiri arus listrik sebesar 5 ampere. Tentukanlah energi listrik yang timbul sehabis lampu tersebut dialiri arus listrik selama:
a. 10 sekon
b. 5 menit

Jawab:
V = 220 volt
I = 5 ampere

a. t = 10 sekon
 W = V • I • t
     = (220 volt) • (5 A) • (10 s)
     = 11.000 joule

b. t = 5 menit = 5 • 60 sekon = 300 sekon
 W = V • I • t
     = (220 volt) • (5 A) • (300 s)
     = 330.000 joule