Cara Mengukur, Menggunakan, Menghitung Serta Membaca Jangka Sorong Dan Mikrometer Sekrup

Berikut ini merupakan pembahasan komplemen dari materi macam-macam alat ukur besaran panjang yakni cara membaca jangka sorong dan mikrometer sekrup yang pembahasannya mencakup cara membaca jangka sorong, cara menghitung jangka sorong, cara membaca mikrometer sekrup, cara menghitung mikrometer sekrup, cara memakai jangka sorong, cara memakai mikrometer sekrup, cara mengukur jangka sorong, cara mengukur mikrometer sekrup, ketelitian jangka sorong dan mikrometer sekrup, cara mengukur dengan jangka sorong, cara mengukur memakai jangka sorong, cara memakai mikrometer sekrup, cara membaca alat ukur jangka sorong, ketelitian mikrometer sekrup, cara membaca alat ukur micrometer, cara pengukuran jangka sorong, cara mengukur dengan mikrometer sekrup.

Ketelitian Jangka Sorong

Jangka sorong memiliki nonius dengan panjang 9 mm yang terbagi atas 10 skala yang sama. Pembagian ini mengakibatkan beda satu skala nonius dan satu skala utama sebesar 0,1 mm atau 0,01 cm. Dengan demikian, ketelitian jangka sorong sebesar 0,1 mm.

Cara Membaca Jangka Sorong

Gambar di bawah ini menunjukkan jangka sorong yang dipakai untuk mengukur diameter koin logam.
Berikut ini merupakan pembahasan komplemen dari bahan Cara Mengukur, Menggunakan, Menghitung serta Membaca Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup
Gambar: Cara Membaca Jangka Sorong

Cara membaca hasil pengukuran sebagai berikut.

1) Baca skala utama sebesar 3,1 cm.

2) Baca skala nonius yang berimpit dengan skala utama, yakni skala nonius ke-4, sehingga nilai nonius 4 × 0,01 cm = 0,05 cm.

3) Hasil pengukuran = skala utama + skala nonius. Jadi, diameter koin tersebut: (3,1 + 0,04) cm = 3,14 cm.

Ketelitian Mikrometer Sekrup

Jika selubung luar Mikrometer Sekrup diputar sekali, rahang geser dan juga selubung luar akan maju atau mundur sejauh 0,5 mm. Satu kali putaran lengkap selubung luar sama dengan jarak maju atau mundur rahang geser sejauh 0,5mm/50 = 0,01 mm. Jadi, ketelitian mikrometer sekrup 0,01 mm.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Gambar di bawah ini menawarkan mikrometer sekrup yang dipakai untuk mengukur diameter kelereng.
Berikut ini merupakan pembahasan komplemen dari bahan Cara Mengukur, Menggunakan, Menghitung serta Membaca Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup
Gambar: Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Cara membaca hasil pengukuran sebagai berikut.

1) Baca skala utama yang tampak 8,5 mm.

2) Baca skala nonius yang berimpit dengan sumbu skala utama, yakni skala 40, sehingga nilai nonius = 40 × 0,01 = 0,4 mm

3) Hasil pengukuran = skala utama + skala nonius. Jadi, diameter kelereng = (8,5 + 0,4) mm = 8,90 mm.